Comscore Tracker

Berusia Hampir Seabad, Perempuan Terkaya Dunia Ini Tutup Usia

Kaya dan panjang umur

Perempuan terkaya dunia asal Prancis, Liliane Bettencourt, meninggal di usia 94 tahun. Ahli waris perusahaan kosmetik ternama L'Oreal tersebut menghembuskan nafas terakhir di Paris pada Kamis (21/9) . Ia adalah putri dari Eugene Schueller yang merupakan pendiri L'Oreal. Menurut The Guardian, kekayaan Bettencourt diestimasi sekitar 40 miliar dolar AS pada 2017. 

Ia menderita penyakit mental yang membuat dia diekploitasi.

Berusia Hampir Seabad, Perempuan Terkaya Dunia Ini Tutup UsiaYoutube

Sebelum meninggal, Bettencourt mengundurkan diri dari jajaran dewan direksi L'Oreal pada 2012 dan jarang terlihat di publik. Anak dari simpatisan Nazi tersebut masih menjadi pemberitaan karena kasus eksploitasi yang diduga menimpanya.

Seperti dilaporkan BBC, pada 2007, purti Liliane, Francoise Bettencourt-Meyers, melaporkan teman dekat ibunya yang seorang fotografer bernama Francois-Marie Banier. Saat itu Bettencourt-Meyers mencurigai Banier telah memanfaatkan kesehatan mental ibunya yang menurun untuk kepentingan pribadi.

Pada 2008 terungkap bahwa Banier menerima hadiah senilai ratusan juta dolar, termasuk lukisan-lukisan Picasso dan sebuah pulau di Seychelles. Skandal itu juga melibatkan mantan presiden Prancis Nicolas Sarkozy yang dituding menerima dana ilegal dari Bettencourt melalui Banier.

Hakim kemudian memutuskan Banier terbukti bersalah. Bettencourt sendiri diduga menderita pikun sehingga hakim Prancis memintanya untuk terus berada di bawah pengawasan keluarga. Namun, Bettencourt sempat dilaporkan menolak dan berkata kepada anaknya untuk tak ikut campur dalam hidupnya.

Baca juga: 10 Anak Muda Indonesia yang Berhasil Masuk "30 Under 30" Forbes 2017

Ia sudah terlibat dalam bisnis keluarga sejak usia 15 tahun.

Berusia Hampir Seabad, Perempuan Terkaya Dunia Ini Tutup UsiaInstagram L'Oreal

Bettencourt adalah anak satu-satunya dari pasangan Eugene Schueller dan Madelaine Berthe. Scheller sendiri mendirikan L'Oreal pada 1909 sebelum mewariskannya kepada Bettencourt pada 1957. Bettencourt kala itu sudah familiar dengan bisnis L'Oreal karena sudah ikut terlibat di dalamnya sejak usia 15 tahun.

Setelah kematian Bettencourt, CEO L'Oreal, Jean-Paul Agon, mengeluarkan pernyataan bahwa,"Kami semua sangat mengagumi Liliane Bettencourt yang selalu mengawasi L'Oreal, perusahaan dan para karyawan, dan sangat terlibat dalam kesuksesan dan perkembangan perusahaan."

Sementara itu, sang putri berkata,"Dalam momen yang menyakitkan untuk kami, aku akan menegaskan, atas nama keluargaku, komitmen dan loyalitas penuh kami terhadap L'Oreal dan untuk memperbaharui kepercayaanku kepada Presiden Jean-Paul Agon dan timnya di seluruh dunia."

 

Baca juga: Bill Gates Jadi Orang Terkaya di Dunia, Siapa di Indonesia?

 

 

Topic:

Berita Terkini Lainnya