Perhiasan Kerajaan Swedia Digondol Maling

Perhiasan tersebut milik raja dan ratu yang hidup di abad 17

Stockholm, IDN Times - Perhiasan milik Kerajaan Swedia dicuri maling dari tempat penyimpanannya di Katedral Strängnäs di Stockholm pada Selasa siang waktu setempat (31/7). Menurut laporan media lokal, Aftonbladet, pencuri tersebut beraksi ketika katedral sedang dibuka untuk umum.

1. Perhiasan itu berumur lebih dari 400 tahun

Pencuri yang diperkirakan berjumlah lebih dari satu orang tersebut mengambil dua mahkota dan sebuah benda berbentuk bulat yang dihiasi dengan emas, batu-batu serta mutiara berharga. Perhiasan itu pertama kali muncul pada upacara pemakaman Charles IX dan istrinya, Kristina, pada awal 1600-an. Artinya, usia perhiasan yang dicuri itu mencapai lebih dari 400 tahun.

Perhiasan-perhiasan tersebut sempat dimakamkan bersama dengan kedua penguasa kerajaan itu. Kemudian, pihak kerajaan Swedia memutuskan untuk mengambilnya dan memamerkannya kepada publik. Sementara itu, kepolisian dan gereja sendiri mengaku belum mengetahui berapa nilai benda-benda berharga yang hilang.

Baca Juga: 9 Potret Terkini Keluarga Kerajaan Inggris yang Sangat Berkelas

2. Saksi mata mengaku melihat dua orang laki-laki yang kemungkinan adalah para pelaku

Perhiasan Kerajaan Swedia Digondol MalingIlustrasi maling (IDN Times/Sukma Shakti)

Tom Rowell, seorang saksi mata yang akan menikah minggu depan di Katedral Strängnäs, mengaku melihat dua laki-laki berlari keluar dari dalam gedung, lalu melompat ke dalam sebuah perahu motor dan dengan cepat meninggalkan lokasi. Rowell pun mengatakan bahwa ia segera menghubungi pihak berwajib.

"Kami mengontak kepolisian dan mengatakan [apa yang terjadi] dan mereka memberi tahu kami bahwa sesuatu telah dicuri dari katedral. Aku langsung tahu mereka adalah pencuri dari cara mereka bertingkah laku," ucap Rowell. "Sulit dipercaya bahwa ada orang-orang yang mencuri barang dari sebuah bangunan suci dan bangunan bersejarah," tambahnya.

Baca Juga: 8 Makanan Khas Zaman Kerajaan, Sederhana tapi Kelezatannya Mewah

3. Kepolisian mengerahkan pasukan untuk melakukan pencarian besar-besaran

Perhiasan Kerajaan Swedia Digondol Malingunsplash.com/Matias Larhag

Menyusul pencurian itu, kepolisian Stockholm melakukan operasi pencarian besar-besaran untuk segera menemukan kembali barang-barang berharga tersebut. Sayangnya, hingga sejauh ini upaya mereka belum menghasilkan apapun.

"[Skornya] 1-0 untuk kemenangan mereka saat ini," ucap Thomas Agnevik selaku juru bicara kepolisian. Christofer Lundgren, kepala Katedral Strängnäs berkata kepada para reporter, "Perhiasan itu adalah bagian dari warisan budaya nasional. Ini adalah pencurian yang dilakukan terhadap masyarakat Swedia."

Baca Juga: Konyol, Aksi Breakdance Pencuri Ini Bakal Bikin Kamu Ngakak

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya