Comscore Tracker

Perjalanan Grumpy Cat, Kucing "Pemarah" yang Jadi Miliarder

Modal muka kusut doang

California, IDN Times - Kucing yang sudah meraih status influencer Instagram, Grumpy Cat, menerima ganti rugi sebesar Rp 9,5 miliar dalam kasus pelanggaran hak cipta. Menurut Courthouse News, Grumpy Cat sempat hadir di persidangan, tapi absen ketika pembacaan putusan. Berikut perjalanan kucing mujur tersebut.

1. Lahir tahun 2012

Perjalanan Grumpy Cat, Kucing Pemarah yang Jadi Miliardergrumpycats.com

Kucing betina yang oleh pemiliknya diberi nama asli Tardar Sauce ini lahir pada 4 April 2012. Dia dimiliki oleh seorang bernama Tabatha Bundesen asal Arizona, Amerika Serikat. Wajahnya mulai dikenal saat saudara Tabatha, Bryan Bundesen mengunggah fotonya di media sosial Reddit pada September 2012.

Tardar Sauce menjadi perhatian para pengguna media sosial karena memiliki wajah yang unik. Ekspresi mukanya selalu terlihat sedang kesal.

2. Tahun 2013, Grumpy Cat Limited bekerja sama dengan produsen kopi Amerika Serikat

Perjalanan Grumpy Cat, Kucing Pemarah yang Jadi Miliarderinstagram.com/realgrumpycat

Setelah viral, ia muncul dalam sejumlah iklan, merchandise, mainan anak-anak, bahkan film Natal. Salah satu iklan yang dibintangi kucing dengan 2,4 juta followers Instagram itu adalah produsen kopi asal Amerika Serikat, Grenade.

Pada 2013, keduanya bekerja sama di mana Grenade menyajikan minuman es kopi bernama Gramppucinos lengkap dengan wajah Grumpy Cat di gelas saji. Nilai kontraknya mencapai Rp 2,8 miliar.

Baca juga: Mengharukan, Kucing Ini Tak Mau Pergi dari Makam Tuannya

3. Grenade dituntut atas tuduhan pelanggaran hak cipta pada 2015

Perjalanan Grumpy Cat, Kucing Pemarah yang Jadi Miliarderinstagram.com/realgrumpycat

Pada Desember 2015, Grumpy Cat Limited menuntut Grenade setelah mereka tidak sepakat terkait penggunaan gambar si kucing terkenal itu. Menurut Grumpy Cat Limited, Grenade "secara terang-terangan melanggar" hak cipta dan merek ketika mereka menggunakan wajah si kucing untuk menjual produk kopi sangrai dan kaos.

4. Meski Grenade menuntut balik, tapi pengadilan memenangkan Grumpy Cat Limited

Perjalanan Grumpy Cat, Kucing Pemarah yang Jadi Miliarderinstagram.com/realgrumpycat

Pihak Grenade merasa tidak terima dengan tuntutan Grumpy Cat Limited. Mereka justru menuntut manajemen si kucing dengan tudingan tak memenuhi kesepakatan untuk mempromosikan minuman Grampuccino di media sosial.

Mereka juga memprotes Grumpy Cat yang awalnya disebut akan tampil dalam sebuah film bersama dengan Will Ferrell dan Jack Black, tapi pada kenyataannya tidak terjadi. Meski begitu, pada Rabu (24/1), pengadilan memutuskan bahwa Grenade bersalah dan wajib membayar ganti rugi Rp 9,5 miliar dan Rp 13 ribu atas pelanggaran kontrak.

Baca juga: Luhu, Kucing dengan Wajah Paling Sendu di Dunia

Topic:

Berita Terkini Lainnya