Pesawat Jatuh di Meksiko, Seluruh Penumpang Selamat

Badan pesawat terbakar

Durango, IDN Times - Sebuah pesawat yang baru saja lepas landas mengalami kecelakaan di Durango, Meksiko, pada Selasa waktu setempat (31/7). Pesawat milik maskapai Aeroméxico itu jatuh, tapi seluruh penumpang yang berjumlah 103 orang beserta kru dilaporkan selamat. Hanya saja, 97 di antaranya mengalami luka-luka.

1. Pesawat jatuh karena angin kencang

Pesawat Jatuh di Meksiko, Seluruh Penumpang SelamatANTARA FOTO/Protection Civil Durango/via REUTERS

Dikutip dari BBC, Gubernur Negara Bagian Durango, Jose Rosas Aispuro mengatakan penyebab jatuhnya pesawat adalah adanya angin kencang. Setelah badan pesawat terbang menurun, sayap bagian kirinya menyentuh permukaan tanah.

Lalu, dua mesin pesawat terlepas.Aispuro juga mengatakan bahwa pilot pesawat serta salah seorang lagi sudah dirawat di rumah sakit. Menurut laporan CBS News, sebelumnya pejabat Durango menyebut ada 49 orang yang dilarikan ke rumah sakit.

Baca Juga: 10 Maskapai Terbaik di Dunia, Garuda Indonesia Jadi Salah Satunya

2. Pemerintah merilis foto-foto yang menampakkan asap muncul dari badan pesawat

Pesawat Jatuh di Meksiko, Seluruh Penumpang SelamatANTARA FOTO/Protection Civil Durango/via REUTERS

Pesawat yang akan terbang ke Mexico City itu jatuh di sebuah area dekat Bandara Internasional Guadalupe Victoria. Berdasarkan foto-foto yang dirilis oleh otoritas Meksiko, badan pesawat tidak patah, hanya saja terbakar cukup parah. Asap pun muncul dan membumbung tinggi, sementara para petugas search and rescue melakukan penyelamatan.

Direkur Badan Pertahanan Sipil Meksiko, Israel Solano Mejia, mengatakan kepada stasiun televisi lokal, Foro TV, bahwa pesawat "bisa lepas landas, tapi kemudian terjun bebas dengan bagian hidung jatuh terlebih dulu". Jika ini yang terjadi, maka tak mengherankan bila sang pilot dikabarkan menjadi korban selamat dengan luka paling parah.

Baca Juga: Benarkah Teori yang Sebut Pilot MH370 Bunuh Diri?

3. Ambulans berjajar di dekat lokasi kejadian

Pesawat Jatuh di Meksiko, Seluruh Penumpang SelamatInstituto Mexicano del Seguro Social

Tak lama setelah berita mengenai insiden itu menyebar, sejumlah ambulans langsung berbaris di sekitar lokasi kejadian. Lembaga yang mengurusi masalah layanan kesehatan di Meksiko pun mengunggah foto di media sosial, memperlihatkan ranjang darurat bagi para korban selamat yang segera membutuhkan perawatan medis.

Pemerintah juga memerintahkan semua lembaga terkait untuk siap siaga menyusul kecelakaan tersebut. Sementara itu, Bandara Internasional Guadalupe Victoria masih ditutup untuk memudahkan petugas melakukan investigasi.

Baca Juga: Ini Hasil Investigasi Misteri Hilangnya Pesawat MH370

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya