Pilot Belgia yang Tersangkut Kabel Tegangan Tinggi Sudah Diselamatkan

Ia tersangkut kabel listrik dengan tegangan 250.000 volt

Brittany, IDN Times - Seorang pilot jet tempur Belgia yang tersangkut di kabel listrik bertegangan tinggi di Prancis telah berhasil diselamatkan. Seperti dilaporkan media setempat, Le Telegramme, upaya penyelamatan berlangsung dengan lancar.

Insiden ini terjadi pada Kamis pagi (19/9). Menurut Angkatan Udara Belgia, pesawat tempur F-16 yang diterbangkan dua pilotnya jatuh di kawasan Brittany. Keduanya menggunakan kursi lontar untuk menyelamatkan diri. Salah satunya kemudian tersangkut di kabel.

Baca Juga: Pilot Jet Belgia Tersangkut di Kabel Listrik Tegangan Tinggi

1. Jet tersebut terbakar

Pilot Belgia yang Tersangkut Kabel Tegangan Tinggi Sudah DiselamatkanJet tempur Belgia jatuh di sebuah lapangan di Brittany, Prancis, pada 19 September 2019. Le Telegramme

Dalam foto-foto yang dipublikasikan Le Telegramme tampak jet tempur itu jatuh di sebuah lapangan hingga terbakar. Sedangkan lokasi tersangkutnya salah satu pilot berjarak sekitar 500 meter dari tempat jatuhnya F-16 tersebut. Dilansir dari The Guardian, kabel itu sendiri memiliki tegangan sampai 250.000 volt.

2. Sekitar 100 polisi Prancis diterjunkan untuk melakukan penyelidikan

Pilot Belgia yang Tersangkut Kabel Tegangan Tinggi Sudah DiselamatkanSeorang pilot jet tempur Belgia tersangkut di kabel listrik tegangan tinggi di Prancis pada 19 September 2019. twitter.com/NathalieAndr

Dikutip dari The Independent  juru bicara kepolisian nasional Prancis menyebut ada sekitar 100 polisi yang dikerahkan untuk melakukan penyelidikan di lokasi kejadian. Belum diketahui pasti apakah si pilot mengalami luka parah atau tidak.

Sejumlah media Prancis sendiri melaporkan insiden terjadi pada pagi hari. Unit pemadam kebakaran mendapatkan informasi ini pada 10:38 waktu setempat. Evakuasi pun segera dilakukan.

3. F-16 itu rencananya terbang menuju pangkalan Lann-Bihoué

Pilot Belgia yang Tersangkut Kabel Tegangan Tinggi Sudah DiselamatkanJet F-16 milik Angkatan Udara Belgia. twitter.com/BeAirForce

Berdasarkan pemberitaan Ouest-France, F-16 yang diterbangkan oleh dua pilot itu lepas landas dari pangkalan udara Florennes di Namur, Belgia, menuju pangkalan kapal Prancis di Lann-Bihoué, Brittany, Prancis bagian barat. Ketika sedang dalam perjalanan, jet tempur itu mengalami kecelakaan. Otoritas setempat mengatakan jet temput itu tidak membawa persenjataan apa pun.

Baca Juga: TNI AU Miliki Satuan Baru Pemelihara Mesin Jet Tempur  

Topik:

Berita Terkini Lainnya