Populasi Makin Anjlok, Rakyat Jepang Akan Diberikan 'Robot Bayi'

Orang Jepang suka banget robot ya...

Jepang saat ini sedang mengalami masalah kependudukan yang cukup serius. Menurut laporan, selama lima tahun terakhir, jumlah populasi Jepang menurun sebanyak hampir satu juta karena makin banyak orang-orang di usia produktif yang menjauh dari ide membangun keluarga. Kemudian, Toyota berusaha tawarkan solusi yang terbilang tak biasa untuk urusan masalah demografis, yaitu, dengan memperkenalkan 'robot bayi' bernama Kirobo Mini.

Kirobo Mini diperkenalkan sebagai 'robot bayi' yang memiliki kemampuan membangun hubungan emosional dengan pemiliknya.

Populasi Makin Anjlok, Rakyat Jepang Akan Diberikan 'Robot Bayi'toyota-europe.com

Oktober lalu Toyota meluncurkan produk terbarunya. Produsen mobil asal Negeri Sakura ini memperkenalkan 'robot bayi' Kirobo Mini. Ini adalah robot versi mini dari Kirobo Pertama yang diperuntukkan sebagai 'teman' para astronot selama dalam perjalanan panjang menyusuri luar angkasa.

Menurut Kepala Perancang Kirobo Mini, Fuminori Kataoka, robot ini memang didesain untuk menyerupai seorang bayi. Ia menjelaskan bahwa Kirobo Mini suka mengoceh dan belum bisa menyeimbangkan diri sendiri layaknya bayi. Kirobo Mini juga bisa mengenali wajah pemiliknya berkat kamera yang dipasang di dalamnya. Ia menyebut 'robot bayi' ini mampu membangun hubungan emosional dengan pemiliknya.

Baca Juga: Robot Lucu nan Canggih Asal Jepang Ini Siap Manjakan Penggunanya

Banyak yang menduga Kirobo Mini diproduksi untuk membangkitkan keinginan orang Jepang agar memiliki anak sendiri.

Populasi Makin Anjlok, Rakyat Jepang Akan Diberikan 'Robot Bayi'Toyota UK via bustle.com

Meski tak disebutkan secara eksplisit, tapi banyak yang berspekulasi bahwa kehadiran Kirobo Mini sesungguhnya tidak semata-mata ditujukan untuk menjadi teman bagi pemiliknya, tapi juga untuk menstimulasi insting orangtua dan perasaan ingin melindungi di kalangan usia produktif di Jepang. Tujuan jangka panjangnya adalah agar mereka mau membangun keluarga sendiri dan mengakhiri persoalan penurunan populasi di Jepang.

Ini makin menegaskan bahwa penduduk Jepang suka sekali robot.

Populasi Makin Anjlok, Rakyat Jepang Akan Diberikan 'Robot Bayi'Toshifumi Kitamura/AFP/Getty Images via theguardian.com

Nampaknya memang masyarakat Jepang secara umum merasa nyaman hidup dikelilingi oleh robot. Berdasarkan laporan, di tahun 2016 ini Jepang berada di posisi kedua setelah Korea Selatan sebagai negara yang masyarakatnya paling banyak menggunakan robot dalam kehidupan sehari-hari. Di Jepang, ada 314 robot per 100.000 orang. Robot-robot ini tak hanya digunakan untuk memudahkan pekerjaan, tapi sudah diperuntukkan sebagai teman hidup.

Baca Juga: Masa Depan Telah Tiba? Teknologi Baju Robot yang Membuat Orang Lumpuh Berjalan Lagi!

Topik:

Berita Terkini Lainnya