Pria Ini Dipenjara Usai Paksa Mantan Pacarnya Telanjang di Jalan

Walaupun udah mantan, tapi ya gak gitu juga

New York City, IDN Times - Seorang pria bernama Jasson Melo, 26 tahun, terancam pidana penjara usai terbukti melakukan kekerasan terhadap mantan pacarnya. Melo menjadi sorotan sejumlah media karena memaksa perempuan tersebut telanjang dan berjalan kaki di Harlem, New York City.

1. Melo merekam kejadian memalukan itu

Pria Ini Dipenjara Usai Paksa Mantan Pacarnya Telanjang di JalanIDN Times/Sukma Shakti

Seperti dilaporkan New York Daily News, insiden tersebut terjadi pada Januari 2016 lalu. Kala itu, Melo berdebat dengan mantan kekasihnya terkait sebuah pesan yang diduga ia terima dari pria lain. Karena marah, Melo memaksanya untuk membuka semua baju dan berjalan kaki di pinggir jalan.

Melo juga merekam kejadian memalukan itu. Sebelumnya, perempuan tersebut juga menjadi target kekerasan verbal dan fisik ketika di dalam apartemen. Kemudian, Melo menyeretnya keluar dan terjadilah insiden itu.

Ia pun mengunggah rekaman itu ke akun Instagram dan YouTube, serta berusaha mendapatkan keuntungan dari unggahan tersebut. "Buka handukmu. Kamu akan membayar harga seperti seorang pelacur. Karena kamu pelacur, berposelah seperti pelacur," kata Melo dalam video tersebut.

Baca juga: Para Korban Pelecehan Seksual Digelari "TIME Person of the Year"

2. Ia divonis hingga tujuh tahun penjara

Pria Ini Dipenjara Usai Paksa Mantan Pacarnya Telanjang di JalanUnsplash.com/Mitchel Lensink

Hakim pengadilan tinggi Manhattan memvonis Melo hingga tujuh tahun penjara. "Cara pandang Jasson Melo terhadap wanita sangat kuno. Baginya, wanita adalah properti," kata hakim. Ia pun dikenai pasal pemaksaan, penyiksaan dan pelecehan.

Melo dan mantan pacarnya memiliki seorang anak yang masih kecil. Ketika insiden terjadi, anak itu ditinggalkan sendiri di apartemen. Faktor ini juga menjadi pertimbangan hakim dalam memberikan hukuman.

3. Perempuan yang jadi korban itu merasa sangat hancur

Pria Ini Dipenjara Usai Paksa Mantan Pacarnya Telanjang di JalanUnsplash.com/Maranatha Pizarras

Nama mantan kekasih Melo memang dirahasiakan untuk melindunginya. Namun, keluarga dan kerabatnya mengetahui peristiwa buruk yang menimpanya sebab Melo sempat mengirimkan video itu kepada mereka. Begitu juga sejumlah pria yang Melo tuding punya hubungan gelap dengan mantan kekasihnya.

Perempuan tersebut juga tidak hadir dalam persidangan untuk memberi kesaksian. Namun, ia mengungkapkan apa yang dialami melalui sebuah surat yang dibacakan hakim. Ia mengaku sangat hancur dan sulit menjelaskan apa yang ia rasakan. "Melo menghancurkanku dalam banyak cara, dan tidak berhenti karena ia terus menghinaku seakan mimpi burukku adalah guyonan untuknya," tulisnya.

Baca juga: Survei: 50 Persen Wanita Karir Alami Pelecehan Seksual di Tempat Kerja

Topik:

Berita Terkini Lainnya