Putra Osama bin Laden Nikahi Putri Ketua Pelaku 9/11

Ia kini ditengarai menjadi salah satu pimpinan Al Qaeda

Kabul, IDN Times - Putra pemimpin Al Qaeda disebut menikahi putri ketua kelompok pelaku teror 9/11 yang menghancurkan gedung kembar di New York pada 2001 lalu. Ini dikatakan oleh adik Osama bin Laden dalam sebuah wawancara eksklusif dengan The Guardian.

1. Ia mengaku akan membalaskan dendam mendiang ayahnya

Putra Osama bin Laden Nikahi Putri Ketua Pelaku 9/11Screenpict dari video Osama bin Laden (Wikimedia.org/Al Qaeda, the global militant Islamist organization)

Si putra, Hamza bin Laden, masih belum diketahui keberadaannya hingga kini. Badan intelijen Amerika Serikat juga berusaha keras untuk melacak posisinya. Menurut adik bin Laden, Ahmad dan Hassan, keponakan mereka menikahi putri Mohammed Atta yang membajak pesawat kemudian menabrakkannya ke World Trade Center pada 11 September pagi.

Hamza mengaku ia tak akan berdiam diri setelah ayahnya meninggal dalam penggerebekan di sebuah rumah di Abbottabad, Pakistan, pada 2011 lalu. "Saat kami mengira semua orang sudah melupakan ini, hal berikutnya yang aku tahu adalah Hamza berkata 'aku akan membalaskan kematian ayahku'. Aku tak mau melalui pengalaman itu lagi," ujar Hassan.

2. Sepeninggalan bin Laden, Al Qaeda masih melanjutkan aktivitas dengan menjadikan keturunannya sebagai salah satu orang penting

Putra Osama bin Laden Nikahi Putri Ketua Pelaku 9/11World Trade Center menjadi target serangan Al Qaeda (Wikimedia.org/Robert J. Fisch)

Selain mengaku mendengar kabar pernikahan keponakannya dengan putri mendiang Mohammed Atta, Ahmad juga mengatakan ia tak tahu mengenai keberadaannya. "Bisa jadi Afghanistan," ujarnya. Hanya saja, satu hal yang diyakini Ahmad adalah Hamza memiliki posisi senior di Al Qaeda.

Sejak kematian ayahnya, Hamza membuat pernyataan publik berisi imbauan untuk pendukung-pendukungnya menciptakan peperangan di sejumlah kota besar mulai Washington hingga Tel Aviv. Berdasarkan informasi yang diyakini intelijen, Hamza sendiri menduduki posisi sebagai wakil ketua Al Qaeda saat ini yaitu Ayman al-Zawahiri.

Baca Juga: Anggota Navy SEAL Pembunuh Osama Bin Laden Bikin Keributan di Pesawat

3. Ibu Hamza sempat tinggal di rumah yang menjadi lokasi tewasnya bin Laden

Putra Osama bin Laden Nikahi Putri Ketua Pelaku 9/11Global Security

Hamza merupakan anak Khairiah Sabar, satu dari tiga istri bin Laden yang masih hidup. Khairiah sempat tinggal di rumah yang menjadi tempat meregangnya nyawa bin Laden di Pakistan. Anak bin Laden yang lain, Saad, tewas pada 2009 dalam sebuah serangan drone yang dilakukan militer Amerika Serikat.

The Guardian menyebut di dalam rumah persembunyian itu ditemukan sepucuk surat yang ditulis bin Laden dan berisi indikasi bahwa ia mendidik Hamza sebagai penerusnya. Tujuan utamanya adalah untuk membalaskan kematian Saad.

Keluarga bin Laden sendiri berada di Arab Saudi berkat perlindungan Putra Mahkota Kerajaan. Meski masih saling kontak, tapi mereka yang masih hidup mengaku tak pernah berkomunikasi dengan Hamza. Status Hamza di mata Amerika Serikat adalah sebagai teroris. Jika keluarganya berhubungan dengan dirinya, mereka bisa menghadapi ancaman penjara.

Baca Juga: Dokter yang Bantu Lacak Keberadaan Osama Bin Laden Segera Bebas

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya