Comscore Tracker

Sanna Marin, Politisi Finlandia yang Jadi PM Termuda di Dunia

Sanna Marin jadi Perdana Menteri Finlandia di usia 34 tahun

Helsinki, IDN Times - Finlandia segera mengalami pergantian pemimpin setelah Sanna Marin ditunjuk sebagai ketua Partai Sosial Demokratik pada Minggu (8/12). Posisi tersebut menjadikan perempuan 34 tahun itu sebagai Perdana Menteri termuda di dunia.

Marin naik jabatan dari Menteri Transportasi ke kursi nomor satu di pemerintahan setelah pendahulunya, Antti Rinne, mengundurkan diri pada Selasa (9/12). Di hari yang sama, Marin akan dilantik secara resmi untuk memimpin koalisi pemerintah yang terdiri dari lima partai besar Finlandia.

1. Marin mengatakan prioritasnya adalah membangun kepercayaan publik

Sanna Marin, Politisi Finlandia yang Jadi PM Termuda di DuniaSanna Marin, mantan Menteri Transportasi, ditunjuk sebagai Perdana Menteri Finlandia di usia 34 tahun. Twitter.com/MarinSanna

Dilansir dari Reuters, Rinne terpaksa mundur setelah salah satu partai dalam koalisi pemerintah mengajukan mosi tidak percaya. Rinne dianggap gagal mengatasi aksi unjuk rasa oleh para pekerja pos Finlandia yang turun ke jalan selama dua minggu.

"Kami punya banyak pekerjaan rumah untuk kembali membangun rasa percaya," kata Marin yang juga menjadi perempuan Finlandia ketiga yang memimpin pemerintahan. Partai Marin sendiri merupakan yang terbesar dalam koalisi.

Baca Juga: Finlandia Negara Paling Bahagia, Begini Posisi Indonesia

2. Ia tak ambil pusing soal usia dan gender

Sanna Marin, Politisi Finlandia yang Jadi PM Termuda di DuniaSanna Marin, Perdana Menteri Finlandia yang menduduki jabatannya pada usia 34 tahun. Twitter.com/MarinSanna

Marin pun mengaku ia dipilih berdasarkan kemampuannya yang dinilai mumpuni untuk memimpin negara. "Saya tak pernah berpikir tentang usia atau gender saya. Saya memikirkan alasan-alasan mengapa saya masuk ke dunia politik dan itu menjadi alasan kami memenangkan kepercayaan elektorat," ujarnya, seperti dilansir dari The Guardian.

Karir Marin di dunia politik melesat setelah menjadi Ketua Dewan Kota di daerah asalnya, Tempere, saat masih berumur 27 tahun. Sejak 2015, ia menduduki posisi sebagai anggota parlemen hingga setahun kemudian dipercaya membawahi Kementerian Transportasi.

3. Empat partai dalam koalisi pemerintah juga dipimpin perempuan

2019 juga menjadi kemenangan bagi banyak pemimpin perempuan Finlandia di dunia politik. Selain Partai Sosial Demokratik, empat partai anggota koalisi pemerintah juga diketuai oleh perempuan dan mayoritas berusia muda.

Keempatnya adalah Keskuta yang dipimpin Katri Kulmuni (32 tahun); Vihreät yang diketuai Menteri Dalam Negeri Marioa Ohisalo (34 tahun); Vasemmistoliitto yang dikomando oleh Li Andersson (32 tahun); serta Partai Rakyat Swedia yang dikepalai oleh Anna-Maja Henriksson (55 tahun).

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Ini Anggota Kongres Termuda dalam Sejarah Amerika Serikat

Topic:

  • Rosa Folia
  • Umi Kalsum

Just For You