Selamatkan Bocah yang Akan Jatuh, Pria ini Dijuluki Spider-Man

Presiden Prancis pun mengundangnya untuk diberikan penghargaan.

Paris, IDN Times - Seorang pria bernama Mamoudou Gassama menjadi perbincangan di media sosial setelah aksi heroiknya tertangkap kamera. Gassama dengan nekad memanjat sebuah gedung apartemen tanpa pengaman untuk menyelamatkan bocah berusia empat tahun yang bergelantungan pada pagar balkon.

1. Ia hanya memikirkan nyawa bocah tersebut

Insiden tersebut terjadi pada Sabtu (26/5) sekitar pukul 20.00 waktu Paris. Dikutip dari Le Parisien, Gassama mengaku bahwa aksinya itu tidak disertai dengan pertimbangan tentang keselamatannya. "Aku tak memikirkan lantai di bawah… Aku tak memikirkan risikonya. Aku melakukannya karena dia anak kecil," ujar pria berusia 22 tahun itu.

Ketika melihat bocah kecil yang hampir jatuh itu, Gassama secara spontan langsung menaiki lantai satu per satu dengan mengandalkan pagar-pagar balkon yang ada. Ia tak memakai tali pengaman apapun. Ia hanya perlu waktu sekitar 30 detik untuk sampai di lantai empat dan menarik si bocah.

Baca juga: Di Tengah Sesi Foto, Pengantin Ini Selamatkan Anak Tenggelam

2. Aksi Gassama dianggap sangat krusial

Selamatkan Bocah yang Akan Jatuh, Pria ini Dijuluki Spider-ManYouTube

Dalam video tersebut tampak seorang pria yang diduga tetangga bocah itu berusaha menolong dengan meraih tangannya. Namun, tanpa Gassama, tetangga itu diyakini tidak akan mampu menyelamatkan bocah tersebut karena terhalang oleh pagar.

"Beruntung ada orang yang fit secara fisik dan punya keberanian untuk naik dan menolong anak itu," kata juru bicara pemadam kebakaran setempat yang datang ke lokasi, seperti dilansir dari The Guardian. "Aku merasa takut saat menyelamatkannya. Ketika kami berada di ruang tamunya, aku mulai gemetaran, aku hampir tak bisa berdiri, aku harus duduk," ungkap Gassama.

Berdasarkan informasi terakhir, bocah itu memang tidak bersama siapapun di dalam rumah. Ibunya sedang tak ada di Paris. Sedangkan ayahnya wajib memenuhi panggilan pengadilan untuk menjelaskan bagaimana ia bisa meninggalkan anaknya tanpa pengawasan.

3. Presiden Prancis akan menghadiahkan penghargaan untuk keberaniannya

Selamatkan Bocah yang Akan Jatuh, Pria ini Dijuluki Spider-ManYouTube

Aksi Gassama tak hanya memukai warganet biasa. Wali Kota Paris, Anne Hidalgo, memuji dan menyebutnya sebagai "Spider-Man dari 18", merujuk kepada alamat distrik tempat insiden terjadi. Hidalgo juga membenarkan bahwa Gassama adalah imigran asal Mali.

Ia baru sampai di Paris beberapa bulan lalu karena "bermimpi untuk membangun kehidupan" di sana. “Aku katakan padanya bahwa aksi heroiknya adalah contoh untuk semua warga dan bahwa Kota Paris akan mendukungnya dalam usahanya untuk menyesuaikan diri di Prancis," tegas Hidalgo.

Bahkan, Presiden Prancis, Emmanuel Macron, telah mengundangnya ke Elysée Palace yang merupakan kediaman kepala pemerintahan pada Senin (28/5). Macron dilaporkan akan memberikan penghargaan kepada Gassama atas keberaniannya.

Baca juga: Labrador Ini Selamatkan Puluhan Korban Bencana di Meksiko

Topik:

Berita Terkini Lainnya