Soal Jamal Khashoggi, Menlu AS: Kita Tunggu Investigasi Arab Saudi 

Ia mengingatkan Arab Saudi soal risiko dari insiden ini.

Washington DC, IDN Times - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengadakan konferensi pers di Gedung Putih usai kembali dari pertemuan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman serta Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan pada Kamis waktu setempat (18/10). 

Hasil pertemuan yang membahas wartawan Jamal Khasshogi itu ia sampaikan kepada Trump.

1. Pompeo mengatakan Amerika Serikat menunggu hasil investigasi Arab Saudi

Soal Jamal Khashoggi, Menlu AS: Kita Tunggu Investigasi Arab Saudi ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis

Setelah bertemu Trump, Pompeo mengatakan kepada para wartawan bahwa AS perlu menunggu hasil investigasi yang dilakukan otoritas Arab Saudi. Menurut keterangan Pompeo, Amerika Serikat "memberikan beberapa hari" bagi Arab Saudi "untuk menyelesaikan investigasi" agar semua orang memahami apa yang terjadi.

"Mereka [Arab Saudi] meyakinkanku bahwa mereka akan melakukan investigasi lengkap dan menyeluruh terkait fakta-fakta seputar [menghilangnya] Khashoggi dan mereka akan melakukannya dengan cepat. Laporannya sendiri akan transparan sehingga bisa dilihat semua orang," ujarnya.

Lebih lanjut, hasil investigasi itu akan "menentukan keputusan tentang bagaimana dan apa yang harus direspons oleh Amerika Serikat" terkait insiden yang terjadi kepada Khashoggi. Pompeo juga menegaskan pentingnya Arab Saudi bagi Amerika Serikat sebagai "rekan strategis" dengan menyebut hubungan kedua negara sudah berlangsung sejak 1932.

Baca Juga: 5 Hal Seputar Misteri Hilangnya Wartawan Jamal Khashoggi

2. Pompeo enggan menjelaskan mengapa Arab Saudi--yang diduga di balik hilangnya Khashoggi-- harus dipercaya untuk melakukan investigasi

Soal Jamal Khashoggi, Menlu AS: Kita Tunggu Investigasi Arab Saudi ANTARA FOTO/REUTERS/Osman Orsal

Dalam konferensi tersebut seorang wartawan mempertanyakan kepercayaan Amerika Serikat terhadap otoritas Arab Saudi untuk melakukan investigasi padahal mereka dituding menjadi aktor di balik menghilangnya Khashoggi.

Hanya saja, Pompeo enggan menjelaskan ini dengan lebih detail. "Kami akan menantikan respons Kerajaan Arab Saudi untuk masalah ini. Begitu kami bisa menentukan keputusan sesuai dengan kredibilitas [hasil investigasi]—apakah benar-benar akurat dan transparan seperti yang mereka janjikan kepadaku," ucapnya.

Ia juga menginformasikan bahwa janji yang sama juga disampaikan oleh Mohammed bin Salman kepada Trump melalui sambungan telepon. Di akhir konferensi pers, Pompeo kembali menggarisbawahi bahwa posisi Amerika Serikat saat ini adalah membiarkan investigasi berlangsung.

3. Pompeo memberikan Arab Saudi waktu 72 jam untuk melaporkan hasil investigasi

Soal Jamal Khashoggi, Menlu AS: Kita Tunggu Investigasi Arab Saudi ANTARA FOTO/REUTERS/Murad Sezer

Berdasarkan laporan reporter Axios, Pompeo memberikan waktu 72 jam kepada Arab Saudi untuk menyelesaikan investigasi mereka. Jika tidak, maka akan berdampak kepada posisi Arab Saudi di panggung dunia. Salah satunya tampak menjelang konferensi tentang investasi yang diselenggarakan oleh Arab Saudi di Riyadh dalam minggu ini.

Sejumlah pembicara memutuskan untuk batal menghadiri acara tersebut. Dikutip dari Financial Times, mereka antara lain chief executive JPMorgan, Jamie Dimon, serta Bill Ford yang merupakan bos manufaktur mobil Amerika Serikat, Ford. Terakhir, Menteri Keuangan Amerika Serikat, Steve Mnuchin, menginformasikan baru bertemu dengan Trump dan Pompeo, kemudian memutuskan juga batal hadir dalam acara itu.

Baca Juga: Kabar Mutilasi Menyeruak di Tengah Hilangnya Khashoggi, Wartawan Saudi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya