Hakim Perintahkan Tinder Hentikan Diskriminasi Terhadap Pengguna "Senior"

Semua berhak mendapatkan cinta...

Los Angeles, IDN Times - Pengadilan Los Angeles, Amerika Serikat, memutuskan bahwa Tinder harus berhenti melakukan diskriminasi terhadap penggunanya yang berusia di atas 30 tahun. Bentuk diskriminasi yang dimaksud terjadi saat pengguna mendaftar untuk fitur Tinder Plus.

Hakim Perintahkan Tinder Hentikan Diskriminasi Terhadap Pengguna SeniorUnsplash.com/Freestocks.org

Dikutip dari The Independent, saat ini para pengguna berusia lebih dari 30 tahun memang dikenai biaya Rp 268 ribu per bulan jika ingin menikmati layanan premium dari Tinder. Sementara itu, bagi yang di bawah 30 tahun, Tinder hanya mengenakan biaya sebesar Rp 134 ribu per bulan.

"Seperti dituduhkan, model biaya Tinder mendiskriminasi pengguna berumur 30 tahun dan lebih," kata hakim pengadilan Los Angeles bernama William Highberger. Oleh karena itu, pengadilan memerintahkan Tinder untuk menghentikan kebijakan tersebut.

Baca juga: Gara-gara Profil Tinder, Perempuan Difabel Ini Bikin Heboh

1. Tinder mengatakan kebijakan biaya itu untuk menarik anak-anak muda

Hakim Perintahkan Tinder Hentikan Diskriminasi Terhadap Pengguna Seniorinstagram.com/tinder

Menurut Tinder, biaya yang dikenakan kepada pengguna memang sengaja dibedakan. Ini karena pihak Tinder memandang pengguna muda "lebih terbatas secara finansial" dibandingkan yang sudah lebih tua. Alhasil, menurut mereka, biaya Tinder Plus tidak bisa disamakan agar tetap menarik untuk anak-anak muda.

2. Pengadilan tidak membenarkan pembelaan Tinder

Hakim Perintahkan Tinder Hentikan Diskriminasi Terhadap Pengguna Seniorinstagram.com/tinder

Meski demikian, hakim tetap menganggap kebijakan itu tidak tepat. "Apapun hasil riset pasar yang dilakukan Tinder tentang pendapatan relatif para pengguna berusia muda dan kemauan membayar untuk layanan itu, sebagai grup, sebagaimana dibandingkan dengan pengguna lebih tua, beberapa individu tak cocok dengan pengelompokan mereka," kata hakim.

Dengan kata lain, beberapa konsumen lebih tua ada yang 'terbatas secara finansial' dan tidak terlalu bersedia membayar dibandingkan kelompok usia muda. Beberapa keuntungan memakai Tinder Plus adalah profil pengguna akan mendapat boost gratis satu kali sebulan.

Lalu, hanya orang-orang yang sudah dipilih pengguna yang bisa melihat profil tersebut. Tinder menjanjikan pengguna fasilitas premium ini bisa memilih pengguna lain dari seluruh dunia. Kemudian, bisa mengulang profil pengguna lain secara tak terbatas.

3. Penawaran dan biaya Tinder Plus di Indonesia juga berbeda dari segi usia

Hakim Perintahkan Tinder Hentikan Diskriminasi Terhadap Pengguna SeniorDok. IDN Times

Di Indonesia sendiri, pengguna di bawah usia 30 tahun wajib membayar Rp 129.000 per bulan untuk layanan Tinder Plus. Paket layanan pun terbagi menjadi tiga. Selain untuk satu bulan, pengguna juga ditawarkan paket enam bulan sebesar Rp 78.167 (diskon 39 persen).

Hakim Perintahkan Tinder Hentikan Diskriminasi Terhadap Pengguna SeniorDok. IDN Times

Kemudian, penawaran ketiga adalah paket 12 bulan sebesar Rp 57.500. Sementara itu, pengguna yang berusia 30 tahun ke atas hanya diberikan opsi paket satu bulan Tinder Plus. Biayanya sendiri jauh lebih murah yakni Rp 40.000.

Baca juga: Berdasarkan Survei, Ternyata Ini yang Dicari Pengguna Tinder

Topik:

Berita Terkini Lainnya