Comscore Tracker

Trump Ingin Pinjam Lukisan Van Gogh, Museum Malah Tawarkan Toilet Emas

Toilet itu terinspirasi dari Trump. Coba tebak apa alasannya?

Washington DC, IDN Times - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dikabarkan berniat meminjam sebuah lukisan dari pelukis terkenal Van Gogh. Namun, pihak pengelola museum yang menyimpan karya pelukis Belanda itu menolak, dan justru menawarkan sesuatu yang lain.

1. Mereka bisa meminjamkan sebuah toilet emas yang digunakan pengunjung

Trump Ingin Pinjam Lukisan Van Gogh, Museum Malah Tawarkan Toilet EmasGuggenheim Foundation

Seperti dilaporkan Washington Post, Gedung Putih sudah menghubungi Museum Guggenheim di New York untuk menyampaikan niat Trump itu. Namun, mereka mengatakan tidak bisa meminjamkan lukisan yang diinginkan yaitu "Landscape With Snow".

Guggenheim menyampaikan bahwa yang bisa dipinjamkan adalah sebuah toilet emas 18 karat hasil karya Maurizio Cattelan. "Kami minta maaf tak bisa mengakomodasi keinginan awal Anda, tapi jangan putus asa karena mungkin tawaran spesial ini menarik untukmu," tulis kurator Nancy Spector dalam sebuah email kepada Gedung Putih.

Email Spector dibenarkan oleh Sarah Eaton, juru bicara Guggenheim. Berdasarkan keterangan Eaton, Spector mengirimkan email tersebut pada September lalu kepada kurator Gedung Putih yang bernama Donna Hayashi.

Baca juga: Pernyataan Konyol Trump, dari 'Rocket Man' hingga 'Shithole Countries'

2. Toilet emas itu terinspirasi dari Trump

Trump Ingin Pinjam Lukisan Van Gogh, Museum Malah Tawarkan Toilet EmasAFP/Nicholas Kamm

Toilet emas itu diberi nama America. Menurut Cattelan, ia terinspirasi dari keputusan Trump untuk mencalonkan diri dalam pilpres Amerika Serikat. Toilet itu, kata Cattelan, didesain sebagai sebuah kode untuk kelebihan kekayaan.

Cattelan mempresentasikan ide toiletnya itu bertepatan dengan pengumuman bahwa Trump berniat mengincar posisi orang terkuat di Amerika Serikat. Saat sudah jadi, yakni pada 15 September 2017, Trump menjabat sebagai presiden yang dikelilingi oleh berbagai skandal.

Namun, toilet tersebut bukan hanya sekadar pajangan. Pihak museum benar-benar memaksimalkan fungsinya di mana para pengunjung boleh buang air menggunakan toilet tersebut. Jumlah orang yang sudah merasakan buang hajat di toilet emas itu mencapai ribuan.

3. Cattelan sendiri tidak menegaskan mengapa ia ingin meminjamkan toilet emas itu

Trump Ingin Pinjam Lukisan Van Gogh, Museum Malah Tawarkan Toilet EmasKris McKay/Solomon R/Guggenheim Foundation

Bagi Cattelan, persoalan pinjam-meminjam ini adalah isu yang "sensitif". Ia pun tak berminat untuk berkomentar banyak terkait mengapa ia ingin meminjamkan toilet emas itu kepada Gedung Putih. Cattelan hanya berkata,"Apa arti dari hidup kita? Semuanya terlihat mustahil sampai kita mati dan kemudian ini semua masuk akal."

Baca juga: Balas Kim Jong-un, Trump Klaim Tombol Nuklirnya Lebih Besar

 

Topic:

Berita Terkini Lainnya