Trump Kembali Ributkan Soal Tembok Perbatasan

Ia klaim Meksiko akan membiayainya. Meksiko bilang,"NO."

Belum selesai kontroversi Donald Trump yang mengumumkan pembatalan pertemuan dengan Kim Jong-un, kemudian mengatakan sebaliknya, kini Presiden Amerika Serikat itu membuat cerita lagi. Ia mengklaim Meksiko akan membayar tembok perbatasan antara kedua negara..

1. Trump berkata Meksiko tak bergerak untuk hentikan imigran ilegal

Trump Kembali Ributkan Soal Tembok PerbatasanANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque

Dikutip dari Reuters, Trump tengah menyampaikan pidato di hadapan para pendukungnya di Nashville pada Selasa (29/5) ketika kemudian memberikan tudingan kepada Meksiko. Menurutnya, Meksiko “tidak melakukan apapun” untuk menghentikan masuknya imigran ilegal ke Amerika Serikat.

2. Ia menyebut Meksiko akan membayar biaya pembangunan tembok

Trump Kembali Ributkan Soal Tembok PerbatasanANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Baria

Lalu, secara tiba-tiba Trump menggiring omongan ke soal tembok perbatasan antara Amerika Serikat dan Meksiko. Seperti diketahui, ini adalah salah satu janji kampanye Trump yang paling sering menimbulkan pertanyaan dari berbagai kalangan.

"Pada akhirnya, Meksiko akan membiayai pembangunan tembok itu. Mereka tak melakukan apapun untuk menghentikan orang-orang melalui Meksiko, dari Honduras dan semua negara itu…Mereka tak berbuat apapun untuk membantu kita," kata Trump.

3. Meksiko menegaskan tak akan mengeluarkan uang sepeser pun

Trump Kembali Ributkan Soal Tembok Perbatasantwitter.com/EPN

Menariknya, klaim Trump lagi-lagi dihadapkan pada bantahan dari Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto. Tak lama berselang setelah pidato Trump, Nieto mengunggah cuitan di akun Twitter pribadinya.

"Presiden @realDonaldTrump: TIDAK. Meksiko TIDAK AKAN PERNAH membayar untuk sebuah tembok. Tidak saat ini, tidak selamanya. Dengan tulus, Meksiko (semuanya)," tulis Nieto. Cuitan itu pun sudah mendapatkan lebih dari 30.000 RT dan 97 likes.

Ini bukan pertama kalinya Nieto menegaskan bahwa negaranya takkan menuruti klaim Trump soal tembok perbatasan. Pada awal 2017 lalu, sekitar waktu pelantikan Trump, Nieto juga sudah dengan terus terang berkata pihaknya tak akan mau membayar pembangunan tembok perbatasan.

Topik:

Berita Terkini Lainnya