Trump Tuding Tiongkok Intervensi Pemilu Amerika Serikat

Ia tidak mengajukan bukti untuk mendukung tuduhan itu.

New York, IDN Times - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menuding pemerintah Tiongkok melakukan intervensi terhadap pemilu Amerika Serikat pada November mendatang. Tuduhan itu ia sampaikan saat membuka sesi di Sidang Umum PBB pada Rabu waktu setempat (26/9).

1. Menurutnya, Tiongkok tak ingin pemerintahan Trump terus berlanjut karena perang dagang

Trump Tuding Tiongkok Intervensi Pemilu Amerika SerikatIDN Times/REUTERS/Carlos Barria

Ketika Sidang Umum PBB berlangsung, Dewan Keamanan juga melakukan pertemuan. Pada kesempatan ini, Trump didapuk untuk membuka sesi. Di saat itu juga ia langsung menyerang Tiongkok yang juga merupakan anggota Dewan Keamanan.

Dikutip dari BBC, Trump berkata, "Sayangnya, kami menemukan bahwa Tiongkok berusaha mengintervensi pemilu berikutnya, pada November 2018, melawan pemerintahanku. Mereka tak ingin aku atau kami menang sebab aku presiden pertama yang pernah menantang Tiongkok dalam urusan perdagangan. Dan kami memenanginya, kami unggul di setiap level."

Baca Juga: Apa yang Perlu Kamu Tahu Soal Perang Dagang AS-Tiongkok

Baca Juga: Pamer Pencapaiannya Pimpin AS di Forum PBB, Trump Malah Ditertawakan 

2. Tiongkok membantah tuduhan Trump

Trump Tuding Tiongkok Intervensi Pemilu Amerika SerikatANTARA FOTO/REUTERS/Carlo Allegri

Mendengar tuduhan tersebut, Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi seketika mengeluarkan bantahan. Ia menegaskan bahwa negaranya selalu memegang teguh prinsip non-intervensi. Dengan kata lain, menurut Wang, Tiongkok takkan pernah ikut campur dalam urusan domestik negara lain.

"Ini adalah sebuah tradisi dalam kebijakan luar negeri Tiongkok. Kami tidak akan pernah mengurusi perkara dalam negeri negara lain. Kami menolak menerima tuduhan-tuduhan tak berdasar terhadap Tiongkok," tegasnya.

3. Trump mengunggah foto di akun Twitternya sebagai lanjutan dari tuduhan tersebut

Trump Tuding Tiongkok Intervensi Pemilu Amerika SerikatANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria

Beberapa saat setelahnya, Trump menggunakan Twitter untuk menjustifikasi tuduhan terhadap Tiongkok. Ia mengunggah beberapa foto koran lokal Iowa bernama Des Moines Register. Trump pun menuliskan caption: Tiongkok sebenarnya menempatkan iklan propaganda di Des Moines Register dan koran-koran lainnya, dibuat agar seperti berita. Itu karena kita mengalahkan mereka di urusan dagang, pembukaan pasar dan para petani akan meraih keuntungan ketika ini berakhir!

Dikutip dari CNN, konten tersebut disponsori oleh media milik pemerintah Tiongkok, China Daily. Publikasi tersebut kerap membayar media Barat untuk mempublikasikan iklan atau konten yang pro-Tiongkok. Perwakilan Tiongkok sendiri belum mengeluarkan komentar terkait cuitan Trump itu.

4. Peserta pemilu November mendatang memperebutkan lebih dari 400 kursi di Kongres

Trump Tuding Tiongkok Intervensi Pemilu Amerika SerikatANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque

Pemilu paruh periode atau midterm election di merupakan saat di mana para anggota Kongres Amerika Serikat bertarung untuk memperebutkan lebih dari 400 kursi. Selain itu, ada lebih dari 30 negara bagian yang juga akan memilih gubernur baru mereka. Ini dilaksanakan pada November mendatang.

Pemilu ini menjadi pertaruhan bagi kedua partai besar Amerika Serikat, Republik dan Demokrat. Hasil dari pemilu paruh periode ini menjadi penentu popularitas partai dan tentu saja mempengaruhi kekuatan pemerintahan yang berkuasa di Washington DC.

Baca Juga: Sudah Diperingatkan PBB, Trump Kembali Serang Para Jurnalis

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya