Tsunami, Donald Trump Sebut Indonesia dalam "Situasi Buruk"

Ia ucapkan belasungkawa dan Amerika Serikat siap membantu

Washington DC, IDN Times - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menyampaikan ucapan belasungkawa kepada Indonesia menyusul terjadinya gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Ucapan itu ia sampaikan ketika melakukan konferensi pers di Rose Garden, Gedung Putih, pada Senin pagi waktu setempat (1/10).

Baca Juga: Setelah Gempa dan Tsunami, Ribuan Warga Tinggalkan Kota Palu 

1. Trump mengatakan akan menghubungi Presiden Joko Widodo

Tsunami, Donald Trump Sebut Indonesia dalam Situasi BurukANTARA FOTO/Basri Marzuki

"Sebelum menerima pertanyaan [dari wartawan], aku ingin mengirimkan ucapan belasungkawa terhangat kepada negara Indonesia. Temanku, kami akan menghubungi temanku, pemimpin negara tersebut—dia adalah pemimpin yang luar biasa—tapi mereka diterjang oleh tsunami raksasa," kata Trump seperti yang disiarkan oleh ABC.

2. Trump menyebut tsunami merupakan bencana alam terburuk

Tsunami, Donald Trump Sebut Indonesia dalam Situasi BurukANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Trump pun menyebut bahwa tsunami merupakan bencana alam terburuk yang pernah ada. "Untungnya banyak orang di bagian dunia ini yang belum pernah mengalaminya sendiri," ujarnya merujuk kepada warga negaranya sendiri.

"Yang paling buruk—kalian menyaksikan tornado, topan—kalian melihat berbagai macam bencana alam. Temanku yang belajar soal bencana—aku tak tahu mengapa ia melakukannya—dia berkata tsunami adalah yang terburuk, dan mereka (Indonesia) diterjang dengan dahsyat. Barangkali ribuan orang tewas," tambahnya.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa 6,3 SR Guncang Sumba, Siswa SD Panik dan Menangis

3. Menurutnya, Indonesia berada dalam "situasi buruk" dan Amerika Serikat siap mengirim bantuan

Tsunami, Donald Trump Sebut Indonesia dalam Situasi BurukANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Trump pun menginformasikan bahwa pihaknya sudah "mengirimkan tim tanggap darurat, militer, dan yang lainnya untuk membantu". Kemudian, menurutnya, Indonesia tengah berada dalam "situasi buruk" karena tsunami tersebut.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah mengumumkan membuka pintu bagi bantuan asing yang ingin masuk. Menkopolhukan Wiranto mengatakan ada 18 negara yang mengaku siap membantu, antara lain Amerika Serikat, Australia, Singapura dan Jepang. Sejauh ini, berdasarkan data BNPB, ada 844 orang yang dinyatakan tewas dan pencarian masih terus berlanjut.

Baca Juga: Korban Gempa dan Tsunami Donggala-Palu Bertambah Jadi 844 Jiwa

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya