Ukiran Kuno Tunjukkan Figur Supernatural Pakai Tas Tangan

Para dewa zaman dulu mungkin suka fashion juga...

New York, IDN Times - Sejumlah ukiran kuno memperlihatkan figur supernatural memegang benda yang sangat mirip dengan tas tangan masa kini. Aksesoris tersebut tampak dibawa tak hanya oleh satu figur dari satu budaya, tapi ada beberapa yang berasal dari lokasi yang berbeda.

Figur dari wilayah yang kini adalah Irak dan Meksiko memegang benda yang mirip itu.

Ukiran Kuno Tunjukkan Figur Supernatural Pakai Tas Tanganmetro.co.uk

Dikutip dari Metro.co.uk, ada klaim bahwa tas tangan itu dibawa oleh figur kuno dalam ukiran yang dibuat orang Assyria atau Irak modern. Tas yang serupa muncul lagi pada ukiran Dewa Quetzalcoatl dari Meksiko kuno. Bahkan, benda itu juga terlihat pada situs Göbekli Tepe di Turki.

Baca juga: 9000 Orang Patungan Demi Selamatkan Kastil Cantik Ini

Masih ada pertanyaan mengapa benda yang sama muncul di beragam ukiran berbeda.

Ukiran Kuno Tunjukkan Figur Supernatural Pakai Tas TanganMetropolian Museum of Art via Metro.co.uk

Situs ancient-code.com mempertanyakan tentang kemiripan yang muncul pada ukiran dari lokasi-lokasi berbeda itu. "Jika kita bepergian ribuan kilometer di seluruh dunia dari Mesopotamia hingga Amerika, kita akan temukan bahwa Maya, Aztec dan peradaban kuno lainnya menggunakan motif sama ketika mendeskripsikan sosok dewa mereka," tulis Ivan Petricevic dari situs tersebut.

"Mengapa budaya kuno-terpisah ribuan kilometer dari satu sama lain-mendeskripsikan sosok dewa mereka dalam cara yang identik? Lebih lanjut, bagaimana mungkin orang Sumeria Kuno menggambarkan dewa-dewa mereka membawa tas misterus, dan bahwa masyarakat di belahan dunia lain melakukan yang sama?" tambah Petricevic.

Belum ada jawaban pasti dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Menurut kalian bagaimana?

Baca juga: Peneliti Swedia Temukan Kata "Allah" pada Kain Bangsa Viking

Topik:

Berita Terkini Lainnya