Taiwan Gelar Pameran Budaya Islam April 2021

Pameran ini bertepatan dengan datangnya Ramadan

Jakarta, IDN Times - Taiwan akan menyelenggarakan acara Pameran Budaya Islam di National Dr. Sun Yat-sen Memorial Hall, Taipei, 9-18 April 2021. Acara ini digelar untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Taiwan dan tentang budaya Islam.

Acara ini diselenggarakan secara bersama oleh Kementerian Luar Negeri Taiwan, Chinese Muslim Accociation, dan National Dr. Sun Yat-sen Memorial Hall. Turut serta juga lembaga-lembaga perwakilan dari Indonesia dan negara-negara lainnya di Taiwan. 

Baca Juga: Wah, Periksa Kesehatan di Taiwan Bak Liburan di Hotel Bintang Lima

1. Susunan acara pameran budaya Islam di Taiwan

Taiwan Gelar Pameran Budaya Islam April 2021IDN Times/Nindias Khalika

Untuk susunan acara pameran budaya Islam di Taiwan ini, acara pertama diisi dengan kegiatan Pameran Budaya Islam, diadakan di dalam ruangan pameran National Dr. Sun Yat-sen Memorial Hall di Taipei dari tanggal 9 sampai 18 April. 

Jadi ada empat tema utama pameran kali ini, yaitu kaligrafi Arab, artefak Islam, arsitektur Islam (masjid terkenal) dan Islam di Taiwan. Berlanjut ke acara kedua, akan ada pertunjukan kaligrafi Arab.

 "Acara kedua yaitu pengalaman budaya Islam yang diadakan di outdoor National Dr. Sun Yat-sen Memorial Hall dari tanggal 17 sampai 18 April," tulis siaran pers yang diterima IDN Times, Jumat (9/4/2021).

"Masyarakat dapat menyaksikan langsung pertunjukan kaligrafi Arab, serta menikmati buka puasa dan bersama-sama mencicipi jajanan halal setelah maghrib," lanjut siaran pers tersebut.

Baca Juga: Taiwan, Negara yang Jadi Pemasok 75 Persen Suku Cadang Tesla

2. Keakraban Taiwan dengan Islam

Taiwan Gelar Pameran Budaya Islam April 2021Ilustrasi umat Muslim di Tiongkok tunaikan salat (www.cscr.pk)

Hingga kini, terdapat lebih dari 200 ribu muslim asing yang datang ke Taiwan karena berbagai faktor seperti pernikahan, pekerjaan, dan pendidikan. Selain itu, terdapat sekitar 50.000 muslim saat ini di Taiwan.

"Budaya muslim dan budaya Taiwan telah lama terintegrasi dengan erat. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Taiwan, hotel besar, restoran, dan tempat wisata juga aktif menciptakan Taiwan sebagai lingkungan yang ramah muslim," tulis siaran pers tersebut.

Selain itu, Taiwan juga menduduki peringkat ketiga dalam Indeks Perjalanan Muslim Global (GMTI). Banyak institusi medis di Taiwan telah memperoleh sertifikasi Lingkungan Ramah Muslim. 

"Banyak rumah sakit telah merancang berbagai pilihan makanan halal dan memberikan berbagai pendidikan dan pelatihan untuk membantu staf medis Taiwan memahami budaya muslim dan meningkatkan kualitas pelayanan perawatan medis pasien muslim," tulis siaran pers itu lagi.

3. Toleransi adalah ciri masyarakat Taiwan

Taiwan Gelar Pameran Budaya Islam April 2021Ilustrasi anak-anak di Taiwan (IDN Times/Vanny El-Rahman)

Dengan digelarnya acara pameran budaya Islam di Taiwan ini, hal ini menunjukkan kebebasan beragama dan toleransi terhadap keberagaman di Taiwan. Bagi warga Indonesia di Taiwan, bisa datang meramaikan dan mengunjungi pameran ini.

"Teman-teman Indonesia di Taiwan, mari mengunjungi National Dr. Sun Yat-sen Memorial Hall di Taipei untuk berpartisipasi dalam acara kegiatan ini, buka puasa bersama warga Taiwan, serta merasakan persahabatan dan antusiasme warga Taiwan terhadap budaya Islam," tulis siaran pers itu.

Baca Juga: Hadapi Agresivitas Tiongkok, Taiwan Produksi Massal Rudal Jarak Jauh

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya