Alhamdulillah, Eks Wamenlu Dino Patti Djalal Sudah Negatif COVID-19

Dino akan meninggalkan RSPAD hari ini usai dirawat dua pekan

Jakarta, IDN Times - Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal akhirnya berhasil pulih dari COVID-19. Pada Selasa malam, 29 September 2020, tes usap Dino menunjukkan hasil negatif. Hal itu disambut baik dan penuh rasa syukur oleh sang istri, Rosa Rai Djalal. 

"Semalam Mas Dino sudah mendapatkan hasil swab PCR test dan hasilnya negatif. Kesehatan Mas Dino pun sudah pulih. Alhamdulilah," ungkap Rosa melalui keterangan tertulis, Rabu (30/9/2020). 

Direncanakan, Dino akan meninggalkan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto pada hari ini. "Mas Dino akan kembali pulang dan berkumpul bersama keluarga lagi," tutur dia. 

Berapa lama Dino Patti Djalal dirawat di rumah sakit hingga pulih dari COVID-19?

1. Dino sudah bisa melakukan zoom meeting dari kamar ICU RSPAD

Alhamdulillah, Eks Wamenlu Dino Patti Djalal Sudah Negatif COVID-19Eks Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal (Instagram.com/dinopattidjalal)

Menurut Executive Secretary Foreign Policy Community Indonesia (FPCI), Muhammad Irfan, Dino sudah bisa berkomunikasi dengan staf di organisasi itu melalui aplikasi Zoom. 

"Beliau pertama kali melakukan meeting zoom dengan staf kemarin. Komunikasinya masih di ruang ICU sih," ungkap Irfan ketika dihubungi IDN Times melalui telepon pada hari ini. 

Meski sudah pulih, namun Dino masih dirawat di kamar ICU. Hal itu lantaran kamar perawatan biasa sudah penuh. 

Baca Juga: [BREAKING] Mantan Wamenlu Dino Patti Djalal Positif COVID-19

2. Dokter menyarankan Dino beraktivitas normal pada pertengahan Oktober 2020

Alhamdulillah, Eks Wamenlu Dino Patti Djalal Sudah Negatif COVID-19Eks Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal (Instagram.com/dinopattidjalal)

Menurut Irfan, istri Dino tidak bisa menunggu suaminya di ruang ICU, lantaran itu area steril. Namun, Rosa Rai Djalal tidak pernah berhenti mendampingi di rumah sakit. 

Meski Dino sudah dibolehkan pulang hari ini, tetapi dokter menyarankan agar ia tetap beristirahat di rumah. 

"Pak Dino baru akan beraktivitas normal pada pertengahan Oktober," ujarnya. 

3. Dino dilarikan ke RSPAD pada 15 September 2020 dengan gangguan pernapasan

Alhamdulillah, Eks Wamenlu Dino Patti Djalal Sudah Negatif COVID-19Eks Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal (Instagram.com/dinopattidjalal)

Dino dibawa ke RSPAD Gatot Subroto pada 15 September 2020 lalu karena mengalami gangguan pernapasan. Ternyata usai dilakukan tes usap, pria yang juga sempat menjabat sebagai Duta Besar Indonesia di Amerika Serikat itu tertular corona. 

Sebelumnya ayah Dino, Hasyim Djalal, juga terinfeksi COVID-19. Ia juga sempat dirawat di RSPAD namun berhasil pulih. 

Dino berhasil pulih dari COVID-19 usai dirawat selama dua pekan. Melalui keterangan tertulis, Rosa Rai mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak termasuk ke Presiden SBY dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. 

Dino adalah satu dari sekian banyak pejabat publik di Indonesia yang terpapar COVID-19. Sebelumnya dua menteri Kabinet Indonesia Maju yakni Budi Karya Sumadi dan Edhy Prabowo juga tertular virus Sars-CoV-2 itu. Keduanya pun berhasil pulih dari COVID-19. 

Meski sudah berlalu lebih dari enam bulan, kondisi pandemik di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Berdasarkan data dari World O Meter, per (29/9/2020), 282.724 orang di Indonesai sudah terpapar COVID-19. Dari jumlah itu, 10.601 pasien dilaporkan meninggal dan 210.437 berhasil sembuh. 

Baca Juga: Tertular COVID-19, Kondisi Mantan Wamenlu Dino Patti Djalal Membaik

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya