Angka Kematian Harian COVID RI Tertinggi Kedua di Dunia Setelah Brasil

Kasus baru COVID-19 Indonesia tertinggi ketiga di dunia

Jakarta, IDN Times - Kasus harian COVID-19 di Indonesia terus mencetak rekor, baik di dalam negeri maupun di tingkat dunia. Kasus kematian harian akibat COVID-19 di tanah air semula sempat menduduki peringkat nomor satu. Namun, belakangan turun ke posisi kedua setelah digeser oleh Brasil. 

Mengutip data yang ditampilkan oleh World O Meter pada Kamis (8/7/2021), angka kematian harian di Brasil dalam kurun waktu 24 jam mencapai 1.595. Sedangkan, kematian di Indonesia yang dilaporkan pada Rabu kemarin mencapai 1.040. Ini menjadi angka kematian tertinggi akibat COVID-19 di tanah air sepanjang pandemik. 

Cerita pasien meninggal saat melakukan isolasi mandiri di rumah atau tak lagi bisa ditolong ketika sudah tiba di rumah sakit, menjadi pengalaman yang makin akrab terdengar di telinga. Pemakaman khusus COVID-19 di DKI Jakarta di area Rorotan terlihat semakin penuh. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria bahkan sempat melihat tujuh mobil ambulans antre untuk bisa menurunkan jenazah dan dimakamkan. 

Di bawah Indonesia, ada India dengan angka kematian harian tertinggi ketiga di dunia yakni 814. Lalu, ada Rusia dengan angka kematian harian 725 dan Kolumbia dengan laporan angka kematian 559. 

Sementara, penambahan kasus harian selama kurun waktu 24 jam terakhir menempatkan Indonesia ada di posisi ketiga di dunia. Satgas Penanganan COVID-19 melaporkan ada 34.379 kasus baru COVID-19 yang dilaporkan. 

Di atas Indonesia terdapat India dengan penambahan 45.196 kasus baru. Penambahan kasus baru COVID-19 tertinggi di dunia berada di Brasil dengan angka 54.022. 

Amerika Serikat sendiri yang sempat menjadi episentrum COVID-19, pelan-pelan terlihat mulai bisa mengendalikan pandemik. Meski angka kasus harian mereka masih tergolong tinggi yakni 13.873 dan angka kematian harian 197. 

Apakah Negeri Paman Sam juga mewaspadai varian baru COVID-19 Delta ini?

1. Presiden Joe Biden dorong anak muda AS segera mendapatkan vaksin COVID-19

Angka Kematian Harian COVID RI Tertinggi Kedua di Dunia Setelah BrasilPresiden AS ke-46 Joe Biden terima vaksin COVID-19 (instagram.com/joebiden)

Dalam pidatonya yang disampaikan pada Rabu, 7 Juli 2021, Presiden Joe Biden mendorong anak-anak muda AS agar segera divaksinasi. Ia menyadari masih ada jutaan warga Negeri Paman Sam yang belum disuntik vaksin.

Data yang dikutip dari laman CBS News menggambarkan dalam waktu satu pekan terakhir pemberian vaksin di AS turun drastis, di mana rata-rata per hari hanya memberikan 398 ribu vaksin COVID-19. Padahal, sama seperti di Indonesia, varian baru Delta telah mendominasi kasus COVID-19 di AS. 

"Jutaan warga AS masih belum divaksinasi dan tak terlindungi. Karena hal itu orang-orang di sekitar mereka yang mereka sayangi rentan (terpapar COVID-19). Kekhawatiran kami meningkat karena adanya varian Delta," ujar Biden. 

Sebelumnya, Biden sempat mengutarakan harapannya bahwa 70 persen warga AS telah menerima dosis pertama suntikan vaksin COVID-19 pada 4 Juli 2021 lalu. Tetapi, menurut laporan Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) AS mengatakan harapan tersebut nyaris terpenuhi karena baru 67 persen warga AS yang sudah menerima dosis pertama vaksin. 

Gedung Putih pada Selasa, 6 Juli 2021 lalu kemudian mengumumkan rencana baru untuk menggenjot pemberian vaksin kepada warga AS. 

Baca Juga: Kasus Harian COVID-19 Indonesia Tertinggi ke-3 di Dunia

2. AS donasikan vaksin Moderna ke Indonesia

Angka Kematian Harian COVID RI Tertinggi Kedua di Dunia Setelah Brasilvaksin Moderna (gavi.org)

Dalam perlawanan terhadap virus corona, Amerika Serikat akhirnya memberikan bantuan bagi Indonesia. Mereka mendonasikan 4 juta dosis vaksin Moderna ke tanah air. 

Stasiun berita Channel News Asia melaporkan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan dalam panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, 2 Juli 2021 lalu, mengatakan, vaksin Moderna akan dikirimkan melalui program berbagi vaksin global COVAX. Sullivan mengatakan, donasi itu menggarisbawahi dukungan AS untuk rakyat Indonesia dalam memerangi lonjakan kasus COVID-19. 

Kedua pejabat tersebut juga membahas rencana AS untuk meningkatkan bantuan untuk upaya tanggapan COVID-19 Indonesia yang lebih luas. 

"Sullivan menyoroti pentingnya tempat pemerintahan Biden-Harris di Indonesia, Asia Tenggara dan mengakhiri pandemik secara lebih luas dan menjanjikan dukungan berkelanjutan dan keterlibatan tingkat tinggi,” demikian bunyi pernyataan resmi Sullivan. 

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan izin penggunaan darurat bagi vaksin Moderna. Hasilnya, efikasi Vaksin Moderna mencapai 94,1 persen dalam melawan virus corona. 

3. Daftar 10 negara dengan angka kematian harian tertinggi di dunia

Angka Kematian Harian COVID RI Tertinggi Kedua di Dunia Setelah BrasilIlustrasi proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU. IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati

Berikut adalah daftar 10 negara dengan angka kematian harian tertinggi di dunia akibat COVID-19. Data ini diambil dari situs World O Meter yang menggambarkan laporan dalam kurun waktu 24 jam terakhir: 

  1. Brasil: +1,595
  2. Indonesia: +1,040
  3. India: +814
  4. Rusia: +725
  5. Kolumbia: +559
  6. Argentina: +456
  7. Afrika Selatan: +411
  8. Meksiko: +269
  9. Bangladesh: +201
  10. Amerika Serikat: +197

Baca Juga: Waspada! COVID-19 Varian Kappa Muncul di Jakarta, Lebih Cepat Menular

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya