Tak Juga Pulih Usai Isolasi Mandiri, PM Inggris Dibawa ke Rumah Sakit

Ia dibawa ke rumah sakit selang 10 hari kena virus corona

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson dibawa ke rumah sakit di area London pada Minggu waktu setempat (5/4). Ia dibawa fasilitas medis usai melakukan isolasi mandiri selama 10 hari gejala virus corona yang dialami tubuhnya tidak juga membaik. Oleh sebab itu, kantor PM yang berlokasi di Downing Street nomor 10 menginformasikan ke publik, Johnson dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan beberapa tes. 

Dikutip dari harian Inggris, The Guardian, kantor PM menyampaikan Johnson dibawa ke rumah sakit hanya sebagai upaya jaga-jaga. Sementara, pada pekan lalu, kantor PM menepis kondisi kesehatan Johnson memburuk. 

"Sesuai saran dari dokternya, maka PM pada malam ini telah dibawa ke rumah sakit untuk menjalani serangkaian tes. Ini merupakan langkah jaga-jaga sebab PM terus mengalami gejala terinfeksi virus corona selama 10 hari terakhir usai dilakukan tes," ujar juru bicara kantor PM pada Minggu kemarin. 

Ia juga menambahkan PM Johnson akan tetap berada di rumah sakit sesuai waktu yang dibutuhkan hingga pulih kembali. Apakah ini berarti kondisi kesehatan PM Johnson memburuk? Siapa yang memimpin Inggris ketika ia dirawat di rumah sakit?

1. PM Johnson tetap memimpin roda pemerintahan di Inggris walau dirawat di rumah sakit

Tak Juga Pulih Usai Isolasi Mandiri, PM Inggris Dibawa ke Rumah SakitPerdana Menteri Inggris Boris Johnson meninggalkan Downing Street di London, Inggris, pada 12 Februari 2020. (ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay)

Menurut laporan The Guardian, hingga saat ini PM Johnson masih memimpin roda pemerintahan di Inggris. Kantor PM di Downing Street nomor 10 juga menyebut Johnson akan tetap menghubungi dengan koleganya secara reguler dan PNS lainnya di Inggris. 

Seorang sumber mengatakan kepada Reuters pada Senin pagi ini, bahwa PM Johnson sempat dirawat di rumah sakit di area London. Pemerintah Inggris telah menyiapkan rencana bila kondisi kesehatan Johnson memburuk, maka Menlu Dominic Raab akan mengambil alih sementara posisi Johnson sebagai PM. 

Raab sendiri direncanakan akan memimpin sebuah rapat pada Senin pagi ini yang membahas bagaimana menghadapi pandemik corona. 

Baca Juga: Boris Johnson: Dipecat 2 Kali sebagai Jurnalis Sampai Jadi PM Inggris

2. Dokter sempat menyampaikan kekhawatirannya mengenai kondisi pernafasan PM Johnson

Tak Juga Pulih Usai Isolasi Mandiri, PM Inggris Dibawa ke Rumah Sakit(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

PM Johnson sesungguhnya diharapkan sudah tak lagi dikarantina di rumah pada Jumat pekan lalu. Tetapi, suhu tubuhnya tetap tinggi. Artinya, ia tetap diharuskan menjalani karantina di apartemennya. 

Menurut informasi yang diterima The Guardian, kondisi kesehatan Johnson sesungguhnya lebih serius dari yang tengah dihadapi oleh pejabat yang berwenang. Bahkan, dokternya khawatir terhadap cara Johnson bernafas. 

Ketika itu, kantor PM menepis kondisi kesehatan Johnson memburuk. Bahkan, mereka ketika itu menyatakan tidak perlu untuk membawa Johnson ke rumah sakit. 

3. Petugas medis di rumah sakit akan fokus memeriksa organ vital PM Inggris seperti jantung dan paru-paru

Tak Juga Pulih Usai Isolasi Mandiri, PM Inggris Dibawa ke Rumah SakitPerdana Menteri Inggris, Boris Johnson, saat berada di depan publik dalam konferensi pers. (The National via Reuters)

Kendati pihak kantor PM tidak menyebut tes apa saja yang dijalani oleh Johnson di rumah sakit, diprediksi petugas medis akan fokus untuk memeriksa kondisi organ paru-paru, jantung dan organ lainnya. 

"Dokter akan memonitor tanda-tanda vital seperti distribusi oksigen. Mereka juga akan melakukan tes darah untuk melihat bagaimana daya tahan tubuh merespons virus itu. Dokter diprediksi juga akan menilai fungsi dari ginjal dan hati. Untuk itu mereka akan melakukan elektrodiagram untuk memeriksa kondisi jantung," ujar Dr. Rupert Beale yang mengepalai laboratorium infeksi sel biologi Francis Crick Institution di London. 

Bahkan, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat di organ paru-paru, bisa saja rumah sakit akan melakukan CT scan. 

https://www.youtube.com/embed/tjxHELqn72E

Baca Juga: Ciri-ciri Hidden Carrier Virus Corona, Tampak Sehat tapi Membawa Virus

Topik:

  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya