Comscore Tracker

Ratu Inggris Kecewa Harry dan Meghan Mundur dari Keluarga Kerajaan

Harry dan Meghan akan bekerja secara independen

Jakarta, IDN Times - Pengumuman mengejutkan disampaikan oleh pasangan Keluarga Kerajaan Inggris, Meghan Markle dan Pangeran Harry. Melalui unggahan akun instagram pada Rabu (8/1), mereka mengumumkan berencana untuk mundur dari anggota Keluarga Kerajaan Inggris. Ini bisa saja bermakna Harry akan melepas titel kerajaannya dan menjadi warga biasa. 

Sebagai gantinya, mereka akan bekerja secara mandiri untuk menghidupi kehidupannya. Kendati begitu, baik Harry dan Meghan memastikan akan tetap berusaha mendukung Ratu Elizabeth II. Dalam pernyataan tertulis itu pula, baik Harry dan Meghan menjelaskan keputusan tersebut tidak diambil secara spontanitas.

Melainkan sudah dipikirkan secara matang. Keputusan untuk memilih mundur sebagai anggota senior keluarga kerajaan diambil usai keduanya absen selama enam pekan dari tugas resmi. Momen itu digunakan bagi kedua melakukan refleksi ke dalam. 

"Dengan dorongan dari kalian pula, khususnya dalam beberapa tahun terakhir, kami merasa siap untuk melakukan penyesuaian ini," demikian ungkap keduanya dalam pernyataan tertulis di akun media sosial pada Rabu kemarin. 

Kendati mereka memutuskan mundur sebagai anggota keluarga kerajaan, bukan berarti Harry dan Megan akan melupakan tali silaturahmi. 

"Kami kini berencana untuk menyeimbangkan waktu di antara Inggris dengan Amerika Utara, untuk tetap menghormati tugas kami terhadap Ratu, persemakmuran dan publik," ujarnya lagi. 

Lalu, apakah rencana mengejutkan ini sudah dibicarakan sebelumnya dengan Ratu Elizabeth II?

1. Ratu Elizabeth II belum memberi restu dan masih membuka ruang diskusi

Ratu Inggris Kecewa Harry dan Meghan Mundur dari Keluarga Kerajaantheroyaluk.com

Stasiun berita BBC edisi hari ini melaporkan berdasarkan pengetahuan yang mereka miliki tidak ada satupun anggota keluarga kerajaan, termasuk Ratu Elizabeth atau Pangeran William, diajak berbicara lebih dulu sebelum mereka mengambil keputusan. Oleh sebab itu, tak heran bila Istana Buckingham, tempat Ratu Elizabeth tinggal, mengaku kecewa. Anggota keluarga kerajaan lainnya diketahui terluka ketika membaca pengumuman dari Pangeran Harry dan Megan. 

Sementara, Istana Buckingham akhirnya buka suara usai Harry dan Meghan memutuskan hendak mundur sebagai anggota keluarga kerajaan. Menurut Istana Buckingham, pengumuman itu masih dalam tahap awal. 

"Diskusi dengan Duke dan Duchess Sussex masih dalam tahap awal. Kami memahami keinginan mereka untuk mengambil pendekatan yang berbeda, namun ini merupakan isu yang rumit dan membutuhkan waktu untuk menuntaskannya," demikian pernyataan tertulis yang disampaikan melalui juru bicaranya pada Rabu kemarin. 

Ratu Elizabeth terlihat masih membuka ruang diskusi dengan Harry dan Meghan sebelum keputusan tersebut benar-benar direalisasikan. 

Baca Juga: Pamer Kemesraan, 10 Potret Pangeran Harry & Meghan Saat Tur di Afrika 

2. Sejak awal Meghan dan Harry diduga tak menyukai disorot kamera dan melakukan pekerjaan seremonial

Ratu Inggris Kecewa Harry dan Meghan Mundur dari Keluarga Kerajaan(Pangeran Harry dan Meghan Markle) www.instagram.com/@sussexroyal

Koresponden BBC khusus keluarga kerajaan, Johnny Dymond mencoba menganalisa alasan Pangeran Harry dan Meghan memutuskan mundur serta membatasi peran mereka di sana. Menurut Dymond sejak awal baik Pangeran Harry dan Meghan tak menyukai pekerjaan yang mengharuskan mereka melakukan hal-hal yang sifatnya hanya seremonial. Selain itu, mereka juga tidak suka berada dalam sorotan kamera dan mata publik. 

"Mereka benar-benar menjalankan pekerjaan secara baik, tapi mereka tak menyukai pekerjaan tersebut. Harry begitu terlihat bersemangat ketika bertemu publik tapi ia membenci acara seremonial. Ia juga tidak tahan menghadapi intensnya sorotan kamera ke dirinya," kata Dymond. 

Sementara, Meghan pernah mengatakan tak ingin menjadi figur yang tak bisa menyuarakan pendapatnya. 

"Namun, pada kenyataannya setiap kali ia bersuara, ia kerap mendapat kritikan. Terlalu banyak hal-hal yang harus mereka hadapi sebagai anggota senior keluarga kerajaan, sementara mereka tak menyukai itu," tuturnya lagi. 

3. Masih banyak pertanyaan yang muncul usai Pangeran Harry dan Meghan memutuskan mundur sebagai anggota keluarga kerajaan

Ratu Inggris Kecewa Harry dan Meghan Mundur dari Keluarga KerajaanPangeran Harry dan Megan Markle (Instagram/@sussuxroyal)

Kini, banyak pertanyaan yang ada di kepala publik. Beberapa di antaranya yakni menyangkut titel mereka, apakah keduanya masih dianggap bagian dari keluarga kerajaan, hingga pekerjaan apa yang mereka lakukan di masa depan. 

Sementara, mantan pejabat yang menangani pers di Istana Buckingham, Dickie Arbiter mengatakan peristiwa semacam ini belum pernah terjadi di era keluarga kerajaan modern di Inggris. Arbiter pun tidak bisa membayangkan Pangeran Harry dan Meghan akan terlihat sebagai anggota keluarga kerajaan paruh waktu. Tidak diketahui pula bagaimana mewujudkan tinggal di dua negara di saat yang bersamaan. 

Pertanyaan lain yang muncul yakni mengenai penjagaan keamanan terhadap keduanya. Kendati, mereka memutuskan mundur, tetapi penjagaan keamanan bagi keduanya tak bisa kendor. 

"Bagaimana cara untuk membiayai penjagaan keamanan ini? Karena kan pasti mereka tetap akan dijaga keamanannya. Siapa yang akan memberikan penjagaan keamanan? Apabila itu dikerjakan oleh Kepolisian Inggris, kontribusi macam apa yang bisa digunakan untuk membayar itu," kata Arbiter seperti dikutip dari BBC

Ia bahkan secara blak-blakan tak khawatir Harry dan Meghan menjadi miskin hanya gara-gara keluar sebagai anggota keluarga Kerajaan Inggris. Yang jadi perhatian Arbiter yakni pekerjaan macam apa yang nantinya akan dilakukan oleh pangeran berusia 36 tahun bersama istrinya.

"Karena pada dasarnya, mereka akan dianggap memonitisasi persona mereka sebagai merek. Maka, Anda akan mendapatkan pertanyaan dari publik mengenai konflik kepentingan," tutur dia. 

Jadi, idealnya gimana nih guys? 

Baca Juga: 5 Resep Sukses ala Meghan Markle, Perempuan Berdaya & Bisa Segalanya! 

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya