Hamas Gunakan Drone Iran Demi Bombardir Israel

Israel tak menyalahkan Iran atas serangan drone itu

Jakarta, IDN Times - Kelompok Hamas mulai menggunakan drone Iran untuk membombardir sejumlah kota di Israel. Menurut Aviapro, Hamas menggunakan drone penyerang, termasuk berjenis kamikaze.

Drone Shehab, yang cara kerjanya seperti bom bunuh diri, digunakan untuk menyerang sejumlah titik di Israel. Tak ada informasi pasti, berapa jumlah drone yang digunakan Hamas untuk menyerang Israel, begitu laporan Jerusalem Post.

Baca Juga: Palestina-Israel Memanas, 65 Orang Dilaporkan Tewas di Gaza

1. Iran memang dukung Hamas

Hamas Gunakan Drone Iran Demi Bombardir IsraelFoto yang menunjukan meledaknya bom yang dijatuhkan Israel di sebuah Fasilitas Hamas di Gaza, pada Senin malam (03/08). twitter.com/southindiann

Tak heran jika ada drone Iran yang berperan dalam serangan Hamas ke Israel. Sebab, sudah sejak beberapa tahun terakhir, Iran memasok senjata buat Hamas.

Terkait drone, tak jelas berapa banyak jumlah yang dipasok Iran kepada Israel. Namun, dalam kasus serangan ke Israel, seorang sumber dalam menyatakan ada sekitar 30 drone yang dipakai.

2. Tembak jatuh dua drone

Hamas Gunakan Drone Iran Demi Bombardir IsraelPasukan Israel berjaga dekat Iron Dome di Dataran Tinggi Golan. (middleeasteye.net)

Kementerian Pertahanan Israel menyatakan, dalam beberapa jam terakhir, drone itu terus menyerang sejumlah titik. Mereka juga mengklaim telah menembak jatuh dua drone yang dikerahkan Hamas.

3. Tak berani salahkan Iran

Hamas Gunakan Drone Iran Demi Bombardir IsraelPerdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. ANTARA FOTO/REUTERS/Francois Lenoir

Sementara, Israel tak menyalahkan Iran atas serangan drone tersebut. Bisa dikatakan, pengerahan drone oleh Hamas jadi intervensi tak langsung Iran yang memang jadi salah satu kelompok anti-Israel.

Namun, Israel tak bersikap konfrontatif ke Iran. Maka dari itu, sampai sekarang, Iran tak mengarahkan misilnya ke Israel.

Baca Juga: Hamas Luncurkan Roket, Israel Kerahkan Pasukan Tempur di Gaza 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya