Comscore Tracker

Pesawat Jatuh di Rusia Tewaskan 16 Orang

Enam orang dinyatakan selamat tapi dalam kondisi serius

Jakarta, IDN Times - Insiden pesawat jatuh terjadi di Rusia. Pesawat berjenis L-140 itu jatuh di Republik Tatarstan pada Minggu (11/10/2021) pagi waktu setempat.

Pesawat tersebut kemungkinan jatuh pada 09.20 waktu setempat, tak lama setelah lepas landas dari bandara setempat. Pesawat itu sampai terbelah dua ketika jatuh dengan hidung yang patah.

1. Sebanyak 16 orang tewas

Pesawat Jatuh di Rusia Tewaskan 16 OrangIlustrasi Breaking News (IDN Times/Sukma Shakti)

Akibat insiden ini, sebanyak 16 orang tewas. Sementara, enam lainnya mengalami luka berat.

Saat dievakuasi, enam orang yang masih hidup berada dalam kondisi yang begitu serius. Mereka ternyata merupakan para sky divers yang hendak melakukan manuver dari udara.

Baca Juga: 38 Pesawat Tempur China Terobos Wilayah Udara Taiwan

2. Diduga karena kelebihan muatan

Pesawat Jatuh di Rusia Tewaskan 16 OrangIlustrasi Pesawat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Kasus ini sekarang sedang berada dalam investigasi komite keselamatan transportasi Rusia. Mereka ingin mengetahui penyebab pasti kecelakaan ini.

"Sebuah tragedi memilukan terjadi. Sayangnya, di momen ini, kami kehilangan 16 orang," kata Presiden Tatarstan, Rustam Minnikhanov, dikutip The Guardian.

Namun, dari informasi yang beredar, dugaan sementara penyebab kecelakaan ini adalah karena pesawat bermesin kembar itu mengalami kelebihan muatan.

3. Cuaca kawasan Tatarstan memang ekstrem

Pesawat Jatuh di Rusia Tewaskan 16 OrangIlustrasi cuaca ekstrem. IDN Times/Mardya Shakti

Selain itu, perawatan yang kurang rutin dan tak adanya perangkat keselamatan mumpuni di dalam pesawat, jadi masalah tersendiri.

Apalagi, di kawasan seperti Tatarstan, cuaca sering berubah secara mendadak dan terbilang ekstrem. Standar penerbangan perlu ditingkatkan agar kejadian ini tak terulang.

Baca Juga: AS Kecam 'Invasi' 93 Pesawat China atas Taiwan

Topic:

  • Satria Permana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya