Mengenal Willow, Kucing Nomor 1 di AS Peliharaan Presiden Joe Biden

Willow memiliki julukan The First Cat

Jakarta, IDN Times - Willow merupakan kucing paling beruntung di dunia yang saat ini tinggal di istana Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat (AS). Willow memegang tahta sebagai hewan peliharaan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan istrinya Jill Biden.

Pekan lalu, wajah menggemaskan Willow tertangkap kamera sedang berada di dalam pet cargo yang dibawa oleh salah satu staf pengurus kompleks Gedung Putih ke Marine One. Willow pergi liburan bersama keluarga Joe Biden menggunakan helikopter kepresidenan menuju Rehoboth, Delware.

Sebagai kucing peliharaan presiden, Willow mendapatkan keistimewaan yang tidak diperoleh hewan, bahkan manusia pada umumnya. Berikut beberapa fakta menarik tentang Willow, kucing Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang mencuri perhatian publik.

1. Awal mula pertemuan Joe Biden dengan Willow

Mengenal Willow, Kucing Nomor 1 di AS Peliharaan Presiden Joe BidenWillow sedang bersantai (twitter.com/FLOTUS)

Ibu negara AS, Jill Biden, mengumumkan secara resmi kehadiran kucing peliharannya, Willow Biden pada 28 Januari 2022 lalu, melalui unggahan di akun Twitter miliknya.

Kucing berbulu pendek berwarna abu-abu tersebut diadopsi setelah menyela pidato Jill Biden di sebuah peternakan Pennsylvania selama kampanye Presiden Biden pada 2020.

“Seekor kucing peternakan dari Pennsylvania, Willow membuat takjub Biden pada tahun 2020, ketika dia (Willow) melompat ke atas panggung dan menganggu pidatonya. Melihat adanya ikatan hubungan di antara mereka, pemilik pertanian tahu bahwa Willow adalah milik Biden,” kata juru bicara Jill Biden, Michael LaRosa, dilansir Reuters

Pengangkatan Willow berasal dari kampung halaman ibu negara Willow Grove, Pennsylvania. Kucing dengan mata hijau itu resmi pindah ke Gedung Putih setelah lebih dari sebulan Joe Biden mengumumkan telah mengadopsi Commander, seekor anak anjing gembala Jerman.

Beberapa foto yang dirilis secara resmi oleh seketariat Gedung Putih menunjukkan Willow tengah beradaptasi dengan lingkungan barunya, berbaring di sofa dan menikmati pemandangan Monumen Washington.

“Willow menetap di Gedung Putih dengan mainan favoritnya, camilan, dan banyak ruang untuk dicium dan dijelajahi,” kata LaRosa.

Baca Juga: Presiden Joe Biden Jatuh saat Bersepeda: Saya Baik-baik Saja

2. Willow diajak liburan bersama Joe Biden

Mengenal Willow, Kucing Nomor 1 di AS Peliharaan Presiden Joe BidenWillow sedang berjalan (twitter.com/FLOTUS)

Presiden Biden dan istrinya turut serta membawa kucing kesayangan liburan bersama ke Pantai Rehoboth, Delware, untuk menghabiskan liburan akhir pekan lalu.

Perjalanan liburan Willow bersama keluarga Biden bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, Willow kerap menghabiskan akhir pekan bersama di beberapa tempat seperti Rehoboth, Wilmington, dan Camp David.
 
Namun, ketika dia tidak dibawa pergi liburan saat akhir pekan, Willow memiliki hak istimewa untuk sejenak berkeliaran di sekitar Gedung Putih. Adapun tempat favorit Willow di Gedung Putih adalah lantai dua dan lantai tiga.

Lebih lanjut, melansir laman CNN, Willow sangat menikmati solarium, ruang terang di atas Portico Selatan. Di sana, Willow menjadi pusat perhatian para staf Executive Residence. Sementara, di Wilmington dan Camp David, Willow kerap kedapatan sedang duduk di teras di bawah sinar matahari.

Saat berada di rumah, Willow suka mengunjungi staf yang bekerja di Sayap Timur, tidur siang dengan santai di meja sekretaris pers, mengejar mainannya, serta masuk dan keluar kantor. Willow juga menjelajahi luar wilayah kekuasannya, sampai ke kantor kepala pengantar di lantai utama, tepat di sebelah pintu masuk Utara.

Perlakuan khusus kepada Willow ditunjukkan saat staf Sayap Timur membuat tanda untuk memperingatkan saat Willow keluar dengan menampilkan foto wajahnya dan berbunyi: “Willow sedang berkeliaran! Harap tutup pintu ini.”

Menurut LaRosa, Willow sama seperti kebanyakan kucing, ia tidak terlalu peduli berinteraksi dengan anjing. Meski begitu, Willow dan Commander memiliki hubungan erat dan menyenangkan.

3. Beberapa kucing yang pernah tinggal di Gedung Putih sebelum Willow

Mengenal Willow, Kucing Nomor 1 di AS Peliharaan Presiden Joe BidenWillow sedang tidur (instagram.com/willowfirstcat)

MelansirThe New York Times, jauh sebelum Willow menetap di Gedung Putih, terlebih dulu terdapat seekor kucing hitam bernama India milik Presiden George W. Bush dan istrinya, Laura.

Selain itu, ada Socks, kucing berbulu hitam putih yang tinggal di Gedung Putih. Socks merupakan kucing peliharaan Presiden Amerika Serikat era 1993 hingga 2001, Bill Clinton.

Di samping itu, Abraham Lincoln juga pernah memelihara dua kucing pemberian dari menteri luar negeri saat masa pemerintahannya, William H. Seward. Kucing itu bernama Tabby dan Dixie. Menurut ahli sejarawan, Lincoln menyebutkan bahwa Dixie peliharannya lebih pintar daripada seluruh kabinetnya.

Baca Juga: 3 Leadership Skills yang Bisa Ubah Dunia ala Presiden Joe Biden

Shafira Arifah Photo Verified Writer Shafira Arifah

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya