9 Fakta Nauru, Pulau yang Pernah Menjadi Negara Terkaya di Dunia

Dari negara kaya menjadi negara miskin, kok bisa?

Nauru, IDN Times - Nauru adalah sebuah negara kepulauan di Mikronesia di Pasifik Tengah. Dengan 10.084 penduduk di daerah seluas 21 kilometer persegi, Nauru menjadi negara terkecil di Pasifik Selatan dan negara bagian ketiga terkecil menurut wilayah di dunia, hanya di belakang Vatikan City dan Monaco.

Negara ini memiliki sejarah yang bertingkat. Dalam periode kurang dari tiga dekade, Nauru berubah dari negara terkaya di dunia menjadi salah satu negara yang termiskin di dunia. Apa yang menyebabkan Nauru mengalami hal tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Nauru dianggap sebagai negara terkaya di dunia pada tahun 1980, tetapi pada tahun 2017 Nauru adalah salah satu dari lima negara termiskin

9 Fakta Nauru, Pulau yang Pernah Menjadi Negara Terkaya di Duniawhc.unesco.org

Alasan Nauru dianggap sebagai negara terkaya di dunia, karena pendapatan besar pemerintah dengan menjual fosfat. Nauru memiliki endapan besar batuan fosfat bermutu tinggi yang terbentuk dari hasil guano burung laut seharga beberapa milenium. Pada tahun 1975, negara tersebut menghasilkan sekitar dengan $2,5 miliar. Hal tersebut menjadikan Nauru sebagai negara dengan penghasilan tertinggi di dunia.

Penghasilan besar pemerintah membuat tidak memungut pajak dan menyediakan layanan penting secara gratis, termasuk perawatan kesehatan, perawatan gigi, transportasi bus, dan pendidikan. Bahkan penduduk Nauru membutuhkan perawatan medis yang tidak tersedia di pulau itu, pemerintah akan menerbangkannya ke Australia. Selain itu, penduduk Nauru yang memenuhi syarat dapat masuk ke universitas di Australia secara gratis, dan perumahan dari pemerintah tersedia dengan harga kurang dari $5 sebulan.

Tetapi kejatuhan Nauru terjadi ketika deposit fosfat mulai habis. Dari tahun 2001 hingga tahun 2008, dan tahun 2012, Nauru menerima bantuan dari Pemerintah Australia. Akibat ketergantungan yang besar pada Australia, banyak sumber telah mengidentifikasi Nauru sebagai negara klien Australia.

2. Nauru mengalami kekeringan yang berkepanjangan

9 Fakta Nauru, Pulau yang Pernah Menjadi Negara Terkaya di Duniaworldatlas.com

Nauru mulai mengalami kekeringan yang berkepanjangan yang disebabkan oleh efek oven. Efek oven terjadi karena awan hujan tertiup angin panas yang naik dari bagian dalam pulau yang tandus dan berbatu yang merupakan hasil dari penambangan.

Selama bertahun-tahun, penambangan fosfat yang luas telah menyebabkan hampir 80 persen interior Nauru menjadi tidak dapat dihuni karena ditutupi dengan lahan-lahan penambangan terbuka yang terbengkalai. Akibatnya, banyak penduduk Nauru lebih memilih hidup di tepi luar pulau.

3. Pada awal tahun 1990-an, sumber daya fosfat mulai habis sehingga pemerintah Nauru berusaha untuk menghasilkan pendapatan dalam beberapa cara tetapi akhirnya malah kehilangan banyak uang

9 Fakta Nauru, Pulau yang Pernah Menjadi Negara Terkaya di Duniaflickr.com/Randy Lemoine

Salah satu penasihat keuangan pemerintah sebelumnya adalah kru untuk sebuah band pop Inggris yang menulis sebuah musikal dengan penyanyi utama band tersebut. Musikal ini didasarkan pada kehidupan Leonardo Da Vinci yang disebut Leonardo the Musical: A Portrait of Love. Penasihat keuangan meyakinkan pemerintah untuk membiayai pertunjukan.

Pertunjukan ini debut di London pada bulan Juni 1993, dan sebagian besar penonton pulang sebelum pertunjukan berakhir. Pertunjukan tersebut mendulang banyak kritik karena plot yang bertele-tele sehingga ditutup beberapa minggu kemudian. Dengan berinvestasi dalam pertunjukan, pemerintah Nauru kehilangan sekitar $7 juta.

Namun, kejadian tersebut bukan satu-satunya pengalaman terburuk pemerintah Nauru dengan penasihat keuangannya. Penasihat keuangan lain menggelapkan sekitar $60 juta. Bahkan pemerintah Nauru semakin 'jatuh' karena penipuan investasi pada tahun 1992 dan kehilangan $30 juta.

Baca Juga: 5 Lokasi Desa Wisata Terindah di Eropa, Serasa di Negeri Dongeng 

4. Skema penghasil uang lainnya yang dipertimbangkan oleh pemerintah Nauru mencakup pembuatan meja kopi hingga industri seks telepon

9 Fakta Nauru, Pulau yang Pernah Menjadi Negara Terkaya di Dunialifewire.com

Seorang pejabat pemerintah mengatakan ada beberapa diskusi terkait pengizinan kode telepon Nauru digunakan untuk 1-900 saluran telepon-seks. Pada tahun 2000, presiden mengatakan Nauru sedang mempelajari proposal untuk memotong lempengan dari puncak batu kapur di pulau itu dan menggunakannya untuk membuat meja kopi untuk dijual di Barat.

Nauru bahkan telah menggunakan keanggotaannya di Majelis Umum PBB untuk menghasilkan uang. Negara-negara yang tidak dikenal seperti republik yang memisahkan diri, Abkhazia dan Ossetia Selatan, telah membayar puluhan juta kepada pemerintah Nauru untuk membantu legitimasi dengan 'mengakui' negara mereka.

5. Pemerintah menawarkan negara lain kesempatan untuk mendirikan bank di Nauru

9 Fakta Nauru, Pulau yang Pernah Menjadi Negara Terkaya di Dunialoopnauru.com

Salah satu cara pemerintah Nauru yang menghasilkan uang adalah dengan menawarkan negara lain kesempatan untuk mendirikan bank di pulau itu. Nauru mengkhususkan diri dalam shell bank, yang berarti mereka hanya ada di atas kertas. Shell bank di Nauru bebas dari persyaratan standar untuk mencatat transaksi besar yang membuatnya ideal untuk pencucian uang.

Pada tahun 2000, Nauru memiliki setidaknya 400 shell bank yang terdaftar di pulau itu. Tetapi karena shell bank hanya ada di atas kertas, sistem perbankan Nauru hanya terdiri dari banyak komputer.

6. Hukum perbankan yang longgar di Nauru menarik mafia Rusia

9 Fakta Nauru, Pulau yang Pernah Menjadi Negara Terkaya di Duniastarnow.co.uk

Hukum perbankan yang longgar di Nauru membuatnya menarik bagi mafia Rusia. Pada tahun 1998, mereka mendirikan shell bank dan mencuci lebih dari $70 miliar melalui Nauru. Operasi pencucian uang ini dianggap bertanggung jawab atas kelumpuhan ekonomi Rusia.

Pada tahun 2000, setengah dari 400 shell bank di Nauru dimiliki oleh klien Rusia. Karena negara tidak menyimpan catatan transaksi shell bank, Nauru tidak menghasilkan uang berdasarkan jumlah dana yang melewati bank. Sebaliknya, Nauru hanya mengumpulkan biaya awal sebesar $20.000 dan biaya perpanjangan tahunan sebesar $1.000.

7. Pada tahun 2000, presiden Nauru mencoba memeras $10 juta dari Departemen Keuangan Amerika Serikat

9 Fakta Nauru, Pulau yang Pernah Menjadi Negara Terkaya di Duniawikimedia.org/MohitSingh

Shell bank Nauru digunakan dalam skandal pencucian uang Bank of New York sebesar $ 7 miliar tahun 1999, sehingga Amerika Serikat menekan Nauru untuk mengubah undang-undang perbankannya. Akhirnya presiden Nauru menulis surat untuk Amerika Serikat.

Dalam surat itu, presiden mengatakan dia hanya akan mengubah undang-undang perbankan Nauru jika Amerika Serikat membayar $10 juta. Surat itu mengklaim bahwa uang itu hanyalah kompensasi atas kerugian Nauru karena 'tuduhan tidak berdasar' atas pencucian uang.

Namun, sayangnya malah Nauru dikenai sanksi paling keras di negara mana pun. Bahkan sekarang bank-bank Barat tidak akan mengizinkan transaksi yang melibatkan Nauru.

8. Pada tahun 2001, Australia menolak masuk ke 434 pengungsi dan membayar Nauru untuk sementara menampung mereka

9 Fakta Nauru, Pulau yang Pernah Menjadi Negara Terkaya di Duniabbc.com

Pada tahun 2001, Australia menolak masuk ke 434 pengungsi dan membayar Nauru untuk sementara menampung mereka. Untuk mencegah datangnya pengungsi ke Australia, orang-orang diperlakukan seperti penjahat dan ditahan di pusat-pusat penahanan di bawah kondisi yang mengerikan. Setelah kelompok pengungsi pertama itu, Australia terus mengirim lebih banyak lagi.

Selain Nauru, Australia mengirim pengungsi ke kamp serupa di Papua Nugini. Hal ini ternyata sangat menguntungkan bagi Nauru. Australia telah membayar Nauru dan Papua Nugini hampir sekitar $10 miliar selama empat tahun terakhir untuk para pengungsi.

9. Pada tahun 2014, Nauru mempersulit jurnalis asing untuk meliput

9 Fakta Nauru, Pulau yang Pernah Menjadi Negara Terkaya di Duniaseamedu.com

Pada tahun 2014, Nauru mempersulit jurnalis asing untuk meliput negara tersebut. Pemerintah Nauru meningkatkan biaya pengajuan visa media dari $200 menjadi $8.000, dan biayanya tidak dapat dikembalikan bahkan jika permohonan ditolak.

Politisi oposisi Australia mengatakan perubahan itu kemungkinan diminta oleh pemerintah Australia untuk membatasi liputan media tentang perlakuan terhadap pengungsi di Nauru. Tidak hanya itu, beberapa jurnalis yang meminta formulir pengajuan visa mengatakan bahwa mereka tidak mendapat tanggapan.

Itulah beberapa fakta tentang Nauru, pulau yang pernah menjadi negara terkaya di dunia tetapi kurang dari tiga dekade berubah menjadi salah satu negara termiskin di dunia.

Baca Juga: Suka Tantangan? Ini 10 Tempat Wisata Horor di Bogor

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya