RIP Chuck Berry: Mengenang Bapak Rock 'n' Roll Dunia

"Jika kamu ingin menamai rock 'n' roll dengan sebutan lain, maka sebutlah dengan Chuck Berry".

Charles Edward Anderson Berry atau yang lebih dikenal dengan nama Chuck Berry, legenda musik rock 'n' roll dunia ini ditemukan tak bernyawa oleh petugas polisi setempat di kediamannya di Saint Charles di usianya yang sedang menuju ke angka 91 tahun pada 18 Oktober nanti.

Berdasarkan postingan di laman facebook kepolisian St. Charles County Police Department disebutkan bahwa mereka merespon sebuah panggilan emergency yang berasal dari kediaman Chuck Berry sekitar pukul 12.40 waktu setempat pada Sabtu, 18 Maret 2017. Petugas pun bergegas mendatangi rumah itu dan mendapati laki-laki yang selain ahli menciptakan lagu itu, juga piawai memainkan gitar sudah tidak bisa merespon mereka. Petugas pun langsung memberikan pertolongan. Namun, pada pukul 13.26 pihak kepolisian menyampaikan kabar duka bahwa penyanyi dan musisi itu sudah meninggal dunia.

Berry banyak memberikan pengaruh terhadap musisi-musisi rock 'n' roll lainnya. Salah satu anggota The Rolling Stones, Keith Richards sangat mengidolakannya dan salah satu pentolan the Beach Boys, Carl Wilson pun menirunya.

Legenda sekelas John Lennon pun pernah berucap bahwa "Jika kamu ingin menyebut rock 'n' roll dengan sebutan lain, maka panggillah ia dengan Chuck Berry"

Chuck Berry juga masuk dalam daftar 100 urutan artis terbesar sepanjang masa dan salah satu dari 100 gitaris terbesar sepanjang masa.

Karya-karya lawasnya seperti Maybellene, Around and Around, Brown-Eyed Handsome Man, School Days, Memphis, Nadine, No Particular Place to Go dikenal sebagai ciri khasnya. Lagu-lagu tersebut sangat sederhana dan mudah dipahami, tetapi memiliki makna yang dalam. Bahkan tiga lagunya yang berjudul Johnny B. Goode, Maybellene, dan Rock 'n' Roll Musik termasuk kedalam 500 lagu terpenting dalam sejarah musik rock and roll dunia. Tarian "Duckwalk" miliknya juga sangat melegenda.

Chuck Berry yang lahir di St. Louis, Missouri ini bukan hanya sebagai seorang inovator penting musik rock 'n' roll dan ahli bermain gitar. Dia mendirikan sebuah komunitas anak remaja untuk membangun kepercayaan diri mereka dan kelak setelah dewasa mereka bisa menjadi orang-orang dewasa yang mapan. Berry juga memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perjalanan karir beberapa musisi dunia seperti Keith Richard, Paul McCartney, Bruce Springsteen dan John Lennon. Dia juga merupakan role model grup musik legendaris the Beatles dan Rolling Stones.

Nama besar Chuck Berry tidak semata-mata didapatkannya begitu saja tanpa perjuangan panjang. Tumbuh di distrik Ellardsville, St.Louis dan memiliki lima orang saudara. Berry sudah memiliki ketertarikan terhadap musik sejak di usia sekolah dan pernah memiliki cita-cita untuk menjadi orang terkenal. Sesaat setelah dia lulus sekolah, dia ditangkap polisi bersama dua orang temannya dalam kasus perampokan bersenjata. Dia juga menghabiskan tiga tahun masa remajanya di panti asuhan. Setelah terkenal, dia juga pernah dipenjara dalam dakwaan penyelundupan gadis dibawah umur. Beberapa tahun kemudian dia kembali dihukum karena tidak membayar pajak.

Chuck Berry, lelaki kulit hitam yang pada perayaan ulang tahunnya yang ke-90 tahun lalu sudah memutuskan untuk mundur dari dunia musik itu kini telah pergi untuk selama-lamanya dan meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi keluarga, rekan, sahabat dan tentunya penggemar-penggemarnya yang sangat mencintainya. Selamat jalan Chuck Berry! Jasadmu memang sudah pergi dari dunia ini, tetapi karya-karya dan nama besarmu akan tetap abadi.

Anne Yaa Photo Verified Writer Anne Yaa

Travel, food, flowers, nature enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya