63 Jet dan 4 Kapal Militer China Terdeteksi di Wilayah Taiwan  

Ada 31 pesawat tentara PLA juga

Jakarta, IDN Times - Otoritas Taiwan mengatakan ada 63 pesawat militer dan empat kapal angkatan laut China terdeteksi di sekitar wilayahnya.

Menurut Kementerian Pertahanan Taiwan, sebanyak 31 pesawat Tentara Pembebasan Takyat (PLA) juga melintas garis tengah imajiner Selat Taiwan dan menerobos zona identifikasi pertahanan udara mereka.

Baca Juga: Kunjungi Taipei, Mendag Inggris: Taiwan Juaranya Perdagangan Bebas

1. China gencar luncurkan kegiatan militer

63 Jet dan 4 Kapal Militer China Terdeteksi di Wilayah Taiwan  Ilustrasi pesawat jet tempur (unsplash.com/Terence Burke)

Dilansir dari Taiwan News, Selasa (8/11/2022), rombongan pasukan militer China itu dilacak dengan alat pelacak elektronik, pesawat patrolim kapal dan sistem rudal darat.

Hingga saat ini, belum ada pernyataan dari China terkait laporan dari Taiwan ini.

Aktivitas militer China di dekat Taiwan juga meningkat sejak kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi ke Taipei pada Agustus 2022 lalu.

Baca Juga: Mendag Inggris Kunjungi Taiwan, China Benar-benar Murka 

2. Mendag Inggris kunjungi Taiwan

63 Jet dan 4 Kapal Militer China Terdeteksi di Wilayah Taiwan  Menteri Perdagangan Inggris, Greg Hands. (dok. Twitter @GregHands)

Menteri Negara Urusan Perdagangan Inggris, Greg Hands diagendakan bakal mengunjungi Taiwan dalam pekan ini dan bertemu dengan pemimpin Taiwan, Tsai Ing Wen.

Kedatangan Hands ini seketika langsung membuat China murka. Kunjungan Hands bakal menambah daftar panjang para pejabat Barat yang menyambangi Taiwan.

Kunjungan ini disebut khusus untuk membicarakan UK-Taiwan Trade Talks ke-25, di mana Taipei menjadi tuan rumahnya.

3. China menentang tegas kunjungan ini

63 Jet dan 4 Kapal Militer China Terdeteksi di Wilayah Taiwan  (Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian) www.fmprc.gov.cn

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian menegaskan bahwa negaranya menentang segala bentuk kontak resmi antara negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan China, dengan Taiwan.

“Kami mendesak pihak Inggris untuk menghentikan segala bentuk hubungan resmi dengan Taiwan dan berhenti mengirimkan sinyal yang salah kepada separatis untuk kemerdekaan Taiwan,” ungkapnya.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Wajib Nonton Drama China Thousand Year For You

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya