9 Tahun MH370 Hilang, Keluarga Masih Berusaha Mencari

Keluarga penumpang meminta Malaysia terus cari MH370

Jakarta, IDN Times - Sembilan tahun sudah berlalu sejak insiden hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370, tepatnya pada 8 Maret 2014. Hingga saat ini, insiden ini pun masih menjadi misteri.

Pesawat jenis Boeing 777 ini hilang secara misterius dalam penerbangannya dari Kuala Lumpur, Malaysia dengan tujuan Beijing, China.

Pesawat ini mengangkut 239 penumpang beserta kru di dalamnya. Insiden ini menggemparkan dunia karena belum ditemukan hingga sekarang, baik puing pesawat maupun jasad para korban.

Baca Juga: Puing Pesawat MH370 Ditemukan di Madagaskar, Sempat Jadi Alas Cuci

1. Malaysia akan lanjutkan pencarian

9 Tahun MH370 Hilang, Keluarga Masih Berusaha MencariSeorang anggota keluarga menangis setelah rapat tertutup terkait MH370 di Putrajaya, Malaysia, Senin (30/7). ANTARA FOTO/REUTERS/Sadiq Asyraf

Menteri Transportasi Malaysia, Anthony Loke Siew Fook, menegaskan pemerintah Malaysia belum resmi menutup pencarian pesawat MH370.

“Pertimbangan akan diberikan untuk operasi pencarian di masa depan apabila ada informasi baru dan kredibel, serta lokasi potensial dari lokasi terakhir pesawat,” kata Anthony, dikutip dari CNN, Rabu (8/3/2023).

Sejumlah spekulasi masih muncul terkait hilangnya MH370. Salah satunya adalah hanyut di Samudera Hindia hingga hilang di Segitiga Bermuda.

2. Ada spekulasi jatuh di hutan Kamboja

9 Tahun MH370 Hilang, Keluarga Masih Berusaha MencariMH370: The Plane That Disappeared (dok. Netflix/MH370: The Plane That Disappeared)

Sejumlah laporan juga menyebutkan bahwa MH370 jatuh di hutan Kamboja, berdasarkan klaim dari Unicorn Aerospace. Namun, laporan ini diragukan pakar penerbangan.

Beberapa pihak menyatakan, jika benar MH370 jatuh di daratan, pasti akan mudah terdeteksi.

Spekulasi lain yang paling kuat adalah MH370 memang jatuh di laut. Sebab, selama pencarian sembilan tahun terakhir ini, beberapa puing yang diduga dari badan pesawat MH370 kerap ditemukan.

Puing-puing diduga MH370 ini terdampar di sepanjang Pantai Afrika, dan pulau-pulau di Samudera Hindia. Penemuan ini disebut lebih kuat dari pada dugaan bahwa MH370 jatuh di hutan Kamboja.

Baca Juga: 3 Dampak Setelah Laporan Investigasi Hilangnya MH370 Terbit

3. Keluarga penumpang MH370 tetap lanjutkan pencarian

Pekan ini, Voice370, sebuah komunitas dari keluarga dan kerabat penumpang MH370 menegaskan mereka tidak akan menyerah dalam mencari MH370.

Mereka juga masih berharap agar Ocean Infinity, yang pernah dilibatkan Malaysia pada 2018, masih terus melanjutkan pencarian MH370.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya