Comscore Tracker

Amerika Rayakan Hari Kemerdekaan, Ini Sejarahnya

AS merayakan hari kemerdekaan setiap 4 Juli

Jakarta, IDN Times - Amerika Serikat (AS) merayakan hari kemerdekaannya pada hari ini, 4 Juli 2022. Hari perayaan ini juga biasa disebut The Fourth July.

Presiden kedua AS, John Adams, pada 4 Juli akan dikenang dengan perayaan kembang api dari ujung hingga ujung lainnya di Benua Amerika.

Tak banyak yang tahu, ternyata Negeri Paman Sam ini pernah dijajah oleh koloni kerajaan Inggris Raya pada 1776 silam.

Baca Juga: Rusia Berjanji Akan Balas Serangan Siber Amerika Serikat

1. Deklarasi kemerdekaan pada 4 Juli 1776

Amerika Rayakan Hari Kemerdekaan, Ini SejarahnyaPixabay

Penindasan yang dilakukan pasukan Inggris pada bangsa Amerika ini menimbulkan gerakan pemberontak. Akhirnya, bangsa Amerika mendeklarasikan kemerdekaan pada 4 Juli 1776. Tepat tahun ini, di hari ini juga, Amerika memasuki usia ke-246.

Kala itu, masyarakat Amerika dipaksa membayar pajak kepada Raja Inggris, George III, meski mereka tidak memiliki perwakilan di Parlemen Inggris. Kebijakan ini tentu memunculkan pemberontakan dari bangsa Amerika.

Pada 1775, gerakan Revolusi Amerika dimulai. Bangsa Amerika mulai memberontak untuk mendapatkan kembali haknya. Namun, pasukan Inggris tidak dapat meredam aksi bangsa Amerika ini, dikutip dari Voice of America, Senin (4/7/2022).

Baca Juga: Joe Biden Desak Kongres AS Segera Kaji Peraturan Senjata 

2. Kongres memutuskan merdeka dari Inggris pada 2 Juli 1776

Amerika Rayakan Hari Kemerdekaan, Ini SejarahnyaPresiden Amerika Serikat dari Demokrat Joe Biden mengunjungi Barrio Cafe saat tur bus usaha kecil sambil berkampanye di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, Kamis (8/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Pada 11 Juni 1776, Kongres Kontinental bertemu di Philadelphia dan membentuk komite guna merancang sebuah dokuman yang secara resmi memutus hubungan Amerika dan Inggris Raya.

2 Juli 1776, Kongres Kontinental memutuskan untuk merdeka dari Inggris dan pada 4 Juli di tahun yang sama, Kongres menyetujui rancangan akhir Deklarasi Kemerdekaan yang dirancang Thomas Jefferson dan disempurnakan oleh John Adams serta Benjamin Franklin.

Pada 8 Juli, pembacaan umum Deklarasi berlangsung di Pnnsylvania State House di Philadelphia. 200 eksemplar untuk menyebarluaskan informasi penting ini kepada masyarakat Amerika.

3. Perayaan Fourth July

Amerika Rayakan Hari Kemerdekaan, Ini Sejarahnyaunsplash

Berbagai macam tradisi yang dilakukan masyarakat Amerika dalam merayakan peringatan ini. Pada tahun pra-Revolusioner, perayaan dilakukan seperti merayakan ulang tahun raja, yang secara tradisional meliputi membunyikan lonceng, api unggun, prosesi, dan pidato.

4 Juli juga dijadikan libur nasional di mana mayoritas warga Amerika memanfaatkan libur ini untuk berkumpul dan berpesta bersama di malam sebelum menuju 4 Juli.

Baca Juga: Amerika Serikat Sebut Rusia Coba Mengintimidasi Medianya 

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya