Anggota Parlemen Prancis Kunjungi Taiwan Hari Ini 

Anggota Kongres AS juga datang di hari yang sama

Jakarta, IDN Times - Lima orang dari parlemen Prancis dikabarkan akan mengunjungi Taiwan pada hari ini. Bersamaan dengan itu, akan datang pula anggota Kongres Amerika Serikat (AS) ke Taipei.

Belum reda tensi antara China, Taiwan dan AS, tampaknya ketegangan antara ketiga negara tersebut masih akan berlanjut, ditambah dengan rencana kunjungan anggota parlemen Prancis.

Baca Juga: AS Umumkan Paket Penjualan Senjata ke Taiwan Senilai Rp16,3 Triliun

1. Pejabat tinggi Eropa pertama yang ke Taiwan

Anggota Parlemen Prancis Kunjungi Taiwan Hari Ini Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memberi pidato dalam sebuah upacara kenegaraan pada 10 September 2020. (Facebook.com/蔡英文 Tsai Ing-wen)

Dilansir dari Channel News Asia, Rabu (7/9/2022), delegasi Prancis akan menjadi pejabat tinggi pertama Eropa yang mengunjungi Taiwan di tengah ketegangan pulau tersebut dengan China.

Hingga saat ini, Taiwan ngotot ingin berpisah dari China. Sementara Beijing menegaskan bahwa Taipei selamanya adalah bagian dari China.

Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi, lalu dilanjutkan dengan sejumlah anggota Kongres AS serta sejumlah gubernur membuat China berang.

Baca Juga: Taiwan-China Memanas, Partai Gelora Minta Pemerintah Perkuat Intelijen

2. Delegasi Prancis akan bertemu Wapres Taiwan

Kementerian Luar Negeri Taiwan membenarkan kabar ini. Delegasi Prancis akan tiba di Taiwan pada hari ini dan direncanakan bertemu dengan Wakil Presiden Taiwan, William Lai.

"Delegasi Prancis dipimpin oleh Senator Cyril Pellevat," kata kementerian tersebut.

Di hari yang sama juga, Taiwan bakal kedatangan para delegasi dari Kongres AS yang terdiri dari anggota Partai Demokrat dan Republik. 

Baca Juga: Drone China Mondar-Mandir, Taiwan Lepaskan Tembakan Peringatan

3. Anggota Partai Demokrat AS juga mengunjungi Taiwan

Anggota Parlemen Prancis Kunjungi Taiwan Hari Ini ketua parlemen Nancy Pelosi dan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (twitter.com/iingwen)

Selain delegasi Prancis, pada hari ini juga dikabarkan Taiwan akan menerima kunjungan dari seorang anggota Partai Demokrat AS, Stephanie Murphy. Ia memimpin delegasi DPR bipartisan.

Anggota lain dari delegasi AS termasuk dari Demokrat adalah Kaiali'i Kahele. Selain itu, datang terpisah dari Partai Republik yaitu Scott Franklin, Joe Wilson, Andy Barr, Darrell Issa, Claudia Tenney dan Kat Cammack.

Taiwan sangat ingin meningkatkan hubungan dengan negara-negara demokrasi yang memiliki prinsip sama, terutama ketika ketegangan dengan China meningkat. Akhir tahun ini, Taiwan juga direncanakan akan menerima kunjungan dari legislator Jerman, Inggris dan Kanada.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya