Antisipasi Ancaman China, Taiwan Gelar Latihan Artileri

Taiwan menuding China akan menginvasi

Jakarta, IDN Times - Taiwan mengadakan latihan artileri mulai hari ini, Selasa (9/8/2022), untuk simulasi pertahanan dari ancaman serangan China.

China meluncurkan latihan militer udara dan laut terbesarnya di sekitar Taiwan pada pekan lalu sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi.

1. Kemlu Taiwan menuding China akan menginvasi

Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu, menuduh Beijing menggunakan alasan kunjungan Pelosi sebagai dalih untuk aksi militer.

“China telah menggunakan latihan dan pedoman militernya untuk mempersiapkan invasi ke Taiwan,” kata Wu, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (9/8/2022). “Niat China sebenarnya adalah untuk mengubah status quo di Selat Taiwan dan seluruh wilayah.”.

Baca Juga: China Lanjutkan Latihan Militer di Zona Taiwan 

2. Latihan Taiwan dimulai dengan tembakan suar

Antisipasi Ancaman China, Taiwan Gelar Latihan ArtileriPresiden Taiwan Tsai Ing-wen memberi pidato dalam sebuah upacara kenegaraan pada 10 September 2020. (Facebook.com/蔡英文 Tsai Ing-wen)

Latihan artileri Taiwan sendiri dimulai di wilayah selatan Pingtung, sekitar pukul 12.40 siang waktu setempat. Latihan ini dimulai dengan tembakan suar dan artileri target dan berakhir kurang dari satu jam.

Latihan juga akan dilanjutkan pada Kamis mendatang, termasuk pengerahan ratusan tentara.

3. Taiwan mengutuk aksi China

Wu juga mengutuk aksi China karena terus melanjutkan latihan militer di sekitar pulau itu. Ia juga menuding China berusaha mengendalikan Selat TAiwan dan perairan di wilayah Asia Pasifik.

“Ini melakukan latihan militer skala besar dan peluncuran rudal, serta serangan siber, kampanye disinformasi dan ekonomi untuk melemahkan Taiwan,” ucap Wu.

Taiwan bersikeras bahwa tidak ada jet tempur atau kapal perang China yang memasuki perairan teritorialnya, dalam jarak 12 mil dari daratan selama China meluncurkan latihan militer.

Baca Juga: China Akan Akhiri Aksi Unjuk Kekuatan Militer di Sekitar Taiwan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya