Arab Saudi Tetapkan 1 Ramadan 23 Maret 2023, Mulai Puasa Besok

Begitu juga dengan Uni Emirat Arab

Jakarta, IDN Times - Arab Saudi telah menetapkan hari pertama bulan suci Ramadan atau bulan puasa akan tiba pada Kamis, 23 Maret 2023 besok.

Dilansir dari Al Arabiya, Rabu (22/3/2023), Mahkamah Agung Arab Saudi memutuskan bahwa bulan Syaban di kalender Islam, berakhir hari ini.

Selain itu, bulan sabit pun dilaporkan tidak terlihat di langit Arab Saudi hingga Selasa malam kemarin. Sama seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab juga akan melaksanakan ibadah puasa mulai besok.

Baca Juga: Niat Puasa Tasua dan Puasa Asyura Serta Keutamaannya di Bulan Muharam

1. Aturan baru Saudi selama Ramadan

Arab Saudi Tetapkan 1 Ramadan 23 Maret 2023, Mulai Puasa BesokIlustrasi Ramadhan (IDN Times/Sukma Shakti)

Selama bulan Ramadan, Arab Saudi menerapkan sejumlah aturan dan pembatasan. Aturan-aturan ini tertuang dalam surat edaran yang diterbitkan oleh Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan, Sheikh Dr Abdullatif Al-Sheikh.

Surat edaran ini keluar atas perintah Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman atau Pangeran MBS. Kementerian Islam menegaskan, peraturan ini bertujuan agar para jamaah yang beribadah jelang Ramadan merasa nyaman.

“Dalam rangka kesungguhan kementerian untuk menyiapkan masjid dan musala menjelang Ramadan, serta berbagai kebutuhan sesuai dengan visi dan cita-cita kepemimpinan yang bijaksana,” sebut pernyataan itu.

2. Tidak ada buka bersama di masjid dan tidak ada siaran salat

Arab Saudi Tetapkan 1 Ramadan 23 Maret 2023, Mulai Puasa BesokSuasanna Masjidilharam, Mekkah (Kemenag.go.id)

Salah satu aturan yang cukup berbeda adalah tidak ada buka bersama di masjid dan tidak ada siaran salat. Saudi meminta gelaran buka puasa harus diadakan di area yang sudah ditentukan di dalam masjid. Sementara, pemerintah juga tak memperbolehkan ada tenda untuk buka puasa.

Selain itu, Saudi juga melarang pemasangan kamera di masjid apalagi menyiarkan jemaah dan imam yang sedang salat ke semua jenis media.

Saudi juga melarang adanya penggalangan dana untuk buka puasa selama bulan Ramadan.

Baca Juga: 14 Tradisi Menyambut Ramadan di Berbagai Kota di Indonesia

3. Batasi pengeras suara masjid selama Ramadan

Arab Saudi Tetapkan 1 Ramadan 23 Maret 2023, Mulai Puasa BesokKa'bah di Mekkah, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Arab Saudi juga menetapkan adanya pengurangan pengeras suara masjid, pelarangan penggalangan dana untuk buka puasa, larangan kamera di dalam masjid hingga larangan membawa anak-anak ke masjid.

Tak hanya itu, Saudi juga meminta agar petugas masjid harus selalu memastikan keamanan masjid, terutama untuk ruang salat perempuan.

Topik:

  • Hana Adi Perdana
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya