AS, Korsel, Jepang Bertemu di Jakarta Bahas Rudal Korut 

Pertemuan dipimpin oleh Dubes Sung Kim

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Ned Price membenarkan bahwa ada pertemuan trilateral antara AS, Korea Selatan (Korsel) dan Jepang di Jakarta, Selasa (13/12/2022) kemarin.

Pertemuan ini dikhususkan untuk membahas soal perkembangan rudal balistik Korea Utara (Korut) yang dirasa semakin mengancam.

Baca Juga: Tanggapi Rudal Korut, AS-Korsel Balas Tembak 8 Rudal 

1. Dipimpin oleh Utusan Khusus AS untuk Korut

AS, Korsel, Jepang Bertemu di Jakarta Bahas Rudal Korut Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price. (Twitter.com/Anthony Zurcher)

Perwakilan dari Korsel yang hadir adalah Utusan Khusus Perdamaian Semenanjung Korea, Kim Gunn. Sementara wakil dari Jepang adalah Funakoshi Takehiro yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Urusan Asia dan Oseania Kementerian Luar Negeri Jepang.

Pertemuan ini dipimpin oleh Sung Kim, Utusan Khusus AS untuk Korut yang juga merangkap sebagai Duta Besar AS untuk Indonesia di Jakarta.

“Kami melakukan tinjauan komprehensif terhadap kebijakan kami untuk Korut. Kami memang mendesak denuklirisasi lengkap sebagai tujuan utama kami,” kata Price, dikutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri AS, Rabu (14/12/2022).

Baca Juga: Korut Kembali Luncurkan Rudal Balistik, Mendarat di ZEE Jepang 

2. Prihatin terkait tindakan Korut

AS, Korsel, Jepang Bertemu di Jakarta Bahas Rudal Korut pixabay/Chickenonline

Price menyampaikan, dalam pertemuan tersebut, para pejabat dari ketiga negara menyampaikan keprihatinan terkait ulah Korut akhir-akhir ini yang terus meluncurkan rudal.

“Mereka juga meninjau soal sanksi trilateral untuk Korut pada awal bulan ini dan menekan pembatasan pertumbuhan program rudal balistik Korut,” ujar Price lagi.

“Mereka juga meminta Pyongyang untuk segera menghentikan aksinya yang melanggar hukum dan sebaiknya kembali ke dialog konstruktif untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea,” lanjut dia.

Baca Juga: 4 Fakta Putri Kim Jong Un yang Muncul saat Peluncuran Rudal Korut

3. Kim Jong-un yakin Korut akan jadi negara nuklir terkuat di dunia

AS, Korsel, Jepang Bertemu di Jakarta Bahas Rudal Korut Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. (dok. DPRK Embassy)

Sementara itu, pemimpin Korut Kim Jong-un pernah berujar bahwa Korut bakal jadi negara dengan kekuatan nuklir paling kuat di dunia. Kim menyatakan pengumuman tersebut ketika ia mempromosikan sejumlah perwira militer yang terlibat dalam peluncuran rudal balistik Korut, Hwasong-17, pada akhir November 2022 lalu.

Kim menyatakan bahwa Korut kini sedang membangun kekuatan nuklir untuk melindungi kedaulatan negara dan rakyatnya. Kim mengklaim, rudal Hwasong-17 atau yang biasa disebut ICBM merupakan rudal antarbenua yang bisa mencapai Amerika Serikat.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya