ASEAN Punya Peran Penting Jaga Kawasan dari Kekuatan Besar

Terutama untuk jaga keseimbangan antara AS dan China

Seoul, IDN Times - ASEAN punya peran penting untuk meredam para kekuatan besar di kawasan, terutama di Indo Pasifik, seperti Amerika Serikat (AS) dan China. Hal ini diungkapkan oleh Profesor Ilmu Politik dan Hubungan Internasional Universitas Korea, Jae Hyeok Shin.

“Keseimbangan di kawasan Indo Pasifik ini pasti bisa dijaga jika ASEAN memiliki komitmen,” kata Jae kepada 13 jurnalis program Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea Batch 2 Korea Foundation dan Foreign Policy Community of Indonesia, di Universitas Korea, Rabu (31/5/2023).

“Peran ASEAN sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara 2 negara adidaya ini, AS dan China,” ungkap Jae lagi.

1. ASEAN memiliki keunikan tersendiri

ASEAN Punya Peran Penting Jaga Kawasan dari Kekuatan BesarPresiden RI Joko Widodo mengajak para pemimpin ASEAN melihat sunset Labuan Bajo. (dok. Agus Suparto/Istana Presiden)

Sementara itu, Profesor bidang ekonomi Universitas Korea, Young Kyung Ko, mengungkapkan bahwa ASEAN memiliki karakteristik yang unik, terutama dalam menjaga hubungan dengan negara-negara lain.

“ASEAN ini unik dalam hal politik dan hubungan internasional, karena semua anggota harus sepakat dan satu suara dalam menyelesaikan masalah,” ucap Young.

“ASEAN harus punya ‘jurus’ tersendiri untuk menghadapi ketegangan antara AS dan China,” lanjut dia.

Baca Juga: Korsel-ASEAN Satu Visi Jaga Keamanan Indo-Pasifik 

2. Jokowi tegaskan ASEAN tak akan jadi proxy negara mana pun

ASEAN Punya Peran Penting Jaga Kawasan dari Kekuatan BesarPara pemimpin ASEAN telah berkumpul di Labuan Bajo. (dok. Youtube Setpres RI)

Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo sebelumnya telah menegaskan bahwa Indonesia yang menjadi Ketua ASEAN tahun 2023 tak ingin menjadikan wilayah ASEAN menjadi proxy negara mana pun.

"Prinsip Indonesia di Keketuaan ASEAN adalah kolaborasi dan kerja sama dengan siapapun dan kita tidak ingin ASEAN menjadi proxy siapapun, proxy negara manapun, karena yang kita inginkan ASEAN adalah terbuka, kerja sama dengan siapapun dengan negara manapun sehingga penyelesaian setiap masalah di asean adalah prinsip dialog. Ini sangat penting sekali, utamanya di dalam masalah Myanmar," ujar Jokowi, beberapa waktu lalu.

3. Korsel dan ASEAN satu visi jaga keamanan Indo Pasifik

ASEAN Punya Peran Penting Jaga Kawasan dari Kekuatan BesarWakil Direktur Jenderal ASEAN dan Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Korsel, Kim Dong Bae. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, Wakil Direktur Jenderal ASEAN dan Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Korsel Kim Dong Bae mengatakan Indo-Pacific Strategy milik Korsel juga memiliki visi yang sama dengan ASEAN Outlook on the Indo-Pasifik (AOIP).

“Saya pikir tidak ada perbedaan dengan visi kita untuk Indo-Pasifik antara Korsel dan ASEAN. Kami sangat support AOIP, kami berada di jalur dan tujuan yang sama, untuk Indo-Pasifik yang aman dan sejahtera,” ungkap Kim.

Baca Juga: Menlu Luksemburg: Peran Indonesia di ASEAN Tak Diragukan Lagi 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya