Baku Tembak dengan Israel, 6 Warga Palestina Tewas

Israel disebut menyerbu kamp pengungsi untuk gagalkan teror

Jakarta, IDN Times - Setidaknya enam warga Palestina tewas dan beberapa lainnya terluka dalam baku tembak dengan pasukan Israel di kota Jenin, Tepi Barat, pada Kamis (26/1/2023) pagi.

Dua orang diidentifikasi bernama Essam Mahmoud Azriqi dan Salahat Iz a-Din yang disebut sebagai militan paling terkemuka di Jenin.

1. Enam orang terluka akibat baku tembak

Kementerian Kesehatan Palestina juga menyebutkan, ada enam orang yang terluka dan salah satunya dalam kondisi kritis.

“Korban tewas bernama Azriqi dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis setelah ditembak dam meninggal,” kata kementerian tersebut dikutip dari Ynetnews, Kamis (26/1/2023).

Baca Juga: 5 Ide Gila Proyek Arab Saudi, Salah Satunya Wisata Kasino untuk Israel

2. Pasukan Israel dilaporkan menyerbu kamp pengungsi

Baku Tembak dengan Israel, 6 Warga Palestina TewasSeorang pria Palestina berdoa ketika polisi Israel berkumpul selama bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsa, Jumat (7/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad)

Militer Israel mengaku pasukannya beroperasi di kamp pengungsi di Jenin untuk menggagalkan serangan teror dari militan Palestina.

Pasukan Israel menggerebek sebuah rumah yang diyakini tempat persembunyian para teroris. Pasukan Israel juga menembakkan beberapa rudal ke arah rumah tersebut.

3. Tahun ini sudah ada 26 warga Palestina yang tewas

Baku Tembak dengan Israel, 6 Warga Palestina TewasAnak Palestina menarik gerobak yang ditumpangi saudaranya saat mengungsi dari konflik bersenjata Israel dan milisi Palestina di Jalur Gaza, Palestina, Jumat (14/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/foc.)

Pada Januari 2023, tercatat sudah 26 warga Palestina yang tewas. Sedangkan pada 2022, tercatat 150 warga Palestina tewas dalam bentrokan dengan Israel.

Tahun 2022 bahkan disebut sebagai tahun mematikan bagi konflik Palestina dan Israel, sejak 2004 silam.

Warga Palestina mengatakan bahwa Israel semakin mengukuhkan pendudukan atas tanah mereka.

Baca Juga: Aksi Puluhan Ribu Demonstran Anti-Pemerintah Mengguncang Israel

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya