Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia Telah Tiba di Pakistan 

Delegasi dipimpin Menko PMK

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, telah menyerahkan bantuan untuk korban banjir dari pemerintah Indonesia untuk Pakistan.

Bantuan diserahkan langsung kepada pejabat pemerintahan Provinsi Sindh, Menteri Perburuhan Saeed Ghani dan Menteri Kesejahteraan Umum Muhammad Sajidd, melalui upacara singkat yang diselenggarakan di Bandar Udara Internasional Jinnah di Karachi pada Selasa (27/09/2022) kemarin.

Paket bantuan kemanusiaan dengan berat sekitar 90 ton dikirimkan melalui dua pesawat Garuda Indonesia yang membawa logistik seperti obat-obatan, tenda, pakaian, selimut, kantong tidur, kelambu, dan genset bagi para korban dari banjir yang menghancurkan Pakistan.

1. Indonesia akan membantu Pakistan terkait penanganan pascabanjir

Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia Telah Tiba di Pakistan Bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Pakistan telah sampai. (dok. Kemlu RI)

Muhadjir, selaku Ketua Delegasi Bantuan Kemanusiaan RI, menyampaikan belasungkawa dan simpati mendalam untuk korban banjir Pakistan. Ia menegaskan bahwa kedua negara memiliki semangat persahabatan dan kerja sama untuk membantu di masa sulit.

“Indonesia juga akan membantu pemerintah Pakistan pada tahap berikut dalam penanganan tantangan pasca banjir,” kata Muhadjir, dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (28/9/2022).

Saeed Ghani menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan bangsa Indonesia yang telah menunjukkan solidaritas dan menyampaikan bantuan pemulihan kemanusiaan kepada rakyat Pakistan.       

Baca Juga: Jokowi Kirim Bantuan Rp15 M untuk Bencana Alam di Pakistan

2. Delegasi Indonesia mengunjungi kamp penampungan

Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia Telah Tiba di Pakistan Menko PMK Muhajir Effendi mengunjungi kamp penampungan banjir Pakistan. (dok.Kemlu RI)

Kepala BNPP Suharyanto, Ketua Komisi XIII DPR RI Ashabul Kahfi, dan Direktur Asia Selatan dan Tengah, Kemlu, juga hadir dalam acara tersebut, mewakili delegasi dari Indonesia. Delegasi juga disambut oleh pejabat dari Badan Manajemen Bencana Nasional (NDMA) Pakistan.

Muhadjir dan delegasi mengunjungi kamp penampungan di wilayah Gulean-e-Iqbal, Karachi, untuk memdistribusikan paket bantuan kepada 75 keluarga, yang mengungsi sementara di sekolah anak laki-laki Madu Goth.

Sebagai dua negara muslim terbesar, Indonesia dan Pakistan memiliki hubungan persaudaraan dan persahabatan yang kuat. Kedua negara saling membantu pada saat bencana alam, baik ketika tsunami di Indonesia atau banjir besar di Pakistan pada tahun 2010.

Diharapkan bantuan Indonesia akan mengurangi penderitaan warga yang terdampak banjir, dan mendukung upaya cepat yang dilakukan pemerintah Pakistan dalam penanganan dampak kerusakan banjir bandang berskala besar.

3. Pelepasan bantuan kemanusiaan dipimpin Presiden Jokowi

Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia Telah Tiba di Pakistan Presiden Jokowi melepas bantuan kemanusiaan untuk Pakistan (dok. Sekretariat Presiden)

Bantuan kemanusiaan untuk Pakistan ini dilepas Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo pada Senin (26/9/2022) kemarin.

“Atas nama pribadi dan juga atas nama rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa akibat bencana banjir, dan tanah longsor yang terjadi di Pakistan,” ujar Jokowi.

Indonesia juga akan mengirimkan tenaga kesehatan ke Pakistan, untuk membantu percepatan pemulihan korban pascabencana.

“Sesuai dengan permintaan dari pemerintah Pakistan, saya juga tengah menyiapkan bantuan berupa tenaga kesehatan yang nantinya segera akan dikirimkan, untuk memberikan pelayanan medis kepada warga Pakistan yang terdampak,” kata dia lagi.

Baca Juga: Angelina Jolie Temui Korban Banjir di Pakistan, Peringatkan soal Ini

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya