Bantuan Kemanusiaan Tahap 3 dari Indonesia Tiba di Turki

Bantuan ini mengangkut logistik seberat 140 ton

Jakarta, IDN Times - Bantuan kemanusiaan tahap ketiga dari Indonesia untuk Turki pascagempa, telah tiba. Bantuan ini diserahkan langsung oleh  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

“Alhamdulillah pada malam hari ini, jam 12 tepat kami dari Indonesia datang, rombongan Indonesia, didampingi oleh Bapak Kepala BNPB, saya mewakili Pemerintah Indonesia diutus oleh Bapak Presiden Jokowi untuk berkunjung sekaligus membawa bantuan untuk tahap ketiga korban bencana alam di Turki ini,” kata Muhadjir, dalam keterangan Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (23/2/2023).

Atas nama pemerintah Indonesia, Muhadjir pun menyampaikan ucapan duka mendalam bagi pemerintah dan rakyat Turki, khususnya yang menjadi korban gempa beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Jokowi Lepas Bantuan RI untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

1. Indonesia akan terus berikan dukungan

Bantuan Kemanusiaan Tahap 3 dari Indonesia Tiba di TurkiRumah sakit lapangan Indonesia yang dibangun di Provinsi Hatay, Turki. (dok. KBRI Ankara)

Muhadjir menegaskan, Pemerintah Indonesia akan terus memberikan dukungan dalam berbagai bentuk, baik personel maupun logistik.

“Kita juga terus memberikan dukungan, memberikan bantuan, baik yang berupa personel, yang sudah kerja di sini baik itu search and rescue team, tim untuk pencari dan untuk menemukan korban, medical team, medical emergency team, tim tenaga medis yang menangani kedaruratan. Kita juga akan kirim berbagai macam bantuan, baik itu bantuan yang berupa logistik maupun peralatan-peralatan yang dibutuhkan oleh para korban,” ungkapnya.

Baca Juga: 4 Pesawat RI Berisi Bantuan Terbang ke Turki-Suriah

2. Indonesia dan Turki sedang diskusikan masa darurat pascagempa

Bantuan Kemanusiaan Tahap 3 dari Indonesia Tiba di TurkiKedatangan bantuan Indonesia untuk Turki. (dok. Kemlu RI)

Muhadjir mengatakan, Pemerintah Indonesia dan Turki juga sedang mendiskusikan langkah-langkah berikutnya setelah masa darurat bencana berakhir.

Menurutnya, Indonesia akan turut membantu Turki pada masa rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa.

“Sebagaimana kita sudah biasa menangani di Indonesia, itu setelah tahap darurat bencana nanti ada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi dan ada kemungkinan kita juga akan tetap terlibat pada tahap nanti rehabilitasi dan rekonstruksi serta akan kita tularkan pengalaman kita menangani tahap-tahap rehabilitasi dan rekonstruksi di Indonesia,” ucap Muhadjir.

Baca Juga: Menlu AS Kunjungi Lokasi Gempa Turki, Bahas Bantuan Luar Negeri 

3. Ikatan kuat antara Indonesia dan Turki

Bantuan Kemanusiaan Tahap 3 dari Indonesia Tiba di TurkiProses evakuasi WNI dari wilayah gempa di Turki. (dok. KBRI Ankara)

Sementara itu, Anggota Dewan Penasihat Kebijakan Luar Negeri Turki, Murat Salim Esenli, yang mewakili Pemerintah Turki menyambut baik bantuan kemanusiaan dan kedatangan perwakilan dari ndonesia. Menurutnya, hal tersebut membuktikan ikatan kuat yang terjalin antarkedua negara.

“Sejak terjadinya gempa bumi yang dramatis, kami selalu merasakan solidaritas yang kuat dari Indonesia dan kunjungan Yang Mulia hari ini adalah bukti lain dari ikatan kuat yang kami nikmati antara Indonesia dan Turki. A friend in need is a friend indeed,” tuturnya.

Di Bandara Adana, Muhadjir juga sempat berbincang dengan Warga Negara Indonesia (WNI) korban gempa Turki. Selain itu, Muhadjir juga turut menyalatkan satu jenazah WNI yang meninggal dunia akibat gempa Turki sebelum dibawa pulang ke Indonesia.

Baca Juga: 85 WNI Korban Gempa Turki Minta Pulang ke Indonesia   

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya