Bolsonaro Dilarikan ke Rumah Sakit di AS karena Sakit Perut 

Bolsonaro mengeluh sakit di bagian bekas tusukan

Jakarta, IDN Times - Di tengah kericuhan massa pendukungnya yang menyerbu gedung pemerintahan Brasil pada Senin (9/1/2023), eks presiden Jair Bolsonaro dilarikan ke rumah sakit karena sakit perut.

Bolsonaro dirawat di sebuah rumah sakit di Florida, Amerika Serikat, sehari setelah ribuan pendukungnya menduduki Istana Presiden Brasil di ibu kota Brasilia.

Dua hari sebelum Lula da Silva menjabat sebagai presiden Brasil, Bolsonaro memang ‘kabur’ ke Florida, AS. Ia mendarat di Orlando pada 30 Desember 2022, tengah malam waktu setempat.

Baca Juga: 5 Fakta Kerusuhan Pendukung Bolsonaro di Brasil, Bak Capitol City!

1. Sakit di bagian bekas tusukan

Bolsonaro Dilarikan ke Rumah Sakit di AS karena Sakit Perut Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, sedang berpidato di sebuah pertemuan pada Desember 2020. (Facebook.com/Jair Messias Bolsonaro)

Dilansir dari BBC, Selasa (10/1/2023), istri Bolsonaro, Michelle, mengonfirmasi bahwa suaminya sedang dalam perawatan di rumah sakit karena merasa tidak nyaman di bagian bekas tusukan di perutnya.

Bolsonaro memang pernah ditusuk pada 2018 silam saat ia sedang berkampanye dan sejak saat itu, kadang ia merasakan sakit perut. Akibat penusukan tersebut, ia menjalani enam operasi di perutnya.

Namun seorang sumber dekat Bolsonaro membeberkan kepada media bahwa kondisi Bolsonaro tidak begitu mengkhawatirkan dan sedang dipantau oleh tim dokter.

Baca Juga: Keponakan Bolsonaro Diduga Ikut dalam Kerusuhan Brasil 

2. AS diminta usir Bolsonaro

Bolsonaro Dilarikan ke Rumah Sakit di AS karena Sakit Perut ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst

Usai kerusuhan yang terjadi di ibu kota Brasilia, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menghadapi tekanan dari anggota Demokrat untuk ‘mengusir’ Bolsonaro dari AS.

“Bolsonaro seharusnya tidak berada di Florida. AS tidak seharusnya menjadi tempat perlindungan bagi otoriter yang telah menciptakan terorisme domestik di Brasil. Ia harus dipulangkan ke Brasil,” ucap Joaquin Castro dari Demokrat.

Baca Juga: Massa Bolsonaro Tuai Kecaman Dunia Usai Duduki Istana Presiden

3. AS tidak menerima permintaan resmi terkait visa Bolsonaro

Bolsonaro Dilarikan ke Rumah Sakit di AS karena Sakit Perut Jake Sullivan, Penasihat Keamanan Nasional (twitter.com/HanVoice)

Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan menegaskan, AS tidak pernah menerima ‘permintaan resmi’ dari pemerintah Brasil terkait visa Bolsonaro.

Sejak tiba di AS 48 jam sebelum Lula dilantik, Bolsonaro dilaporkan tinggal di sebuah properti milik seorang petarung MMA.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya