Bom Meledak di Hotel Afghanistan, Dua Warga Asing Terluka 

Hotel ini kerap ditinggali oleh ekspatriat China

Jakarta, IDN Times - Sekelompok laki-laki bersenjata menembaki sebuah hotel di ibu kota Kabul, Afghanistan pada Senin (12/12/2022). Tak hanya itu, mereka juga meledakkan bom sebelum menembaki orang-orang.

Akibatnya, tiga orang dilaporkan tewas dan dua orang asing terluka saat mencoba untuk melarikan diri dengan melompat dari balkon hotel.

1. Banyak warga asing menginap di hotel, termasuk warga China

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (13/12/2022), Taliban mengatakan bahwa serangan terjadi di Hotel Longan di mana hotel tersebut kerap ditinggali oleh warga China.

Menurut Taliban, jumlah korban terluka juga meningkat menjadi 18 orang, dan dua di antaranya adalah warga negara asing.

“Serangan ini terjadi sekitar 14.30 sore. Penduduk di sekitar hotel mengatakan mereka mendengar ledakan kuat diikuti dengan suara tembakan,” kata juru bicara Kepolisian Kabul, Khalid Zadran.

Baca Juga: Taliban Eksekusi Mati Warga Afghanistan di Depan Publik 

2. Ledakan terjadi di dekat Kedutaan Besar China

Sementara itu, ledakan bom tersebut terjadi dekat di Kedutaan Besar China di Kabul.

Bahkan ledakan ini terjadi sehari setelah Duta Besar China di Kabul bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Afghanistan untuk membahas masalah terkait keamanan.

3. Tak ada warga asing yang tewas

Bom Meledak di Hotel Afghanistan, Dua Warga Asing Terluka Pasukan Taliban berpatroli di sebuah landasan sehari setelah penarikan pasukan Amerika Serikat dari Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afganistan, Selasa (31/8/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer.

Taliban mengonfirmasi bahwa hingga saat ini tidak ada warga asing yang tewas, melainkan hanya dua warga asing yang terluka dan telah mendapat perawatan.

Ledakan demi ledakan terus terjadi di Afghanistan, terutama ibu kota Kabul. Pada September lalu, bom meledak di sebuah pusat pendidikan di Kabul.

Menanggapi serangan bom ini, Taliban menekankan akan memperketat keamanan Afghanistan.

 

Baca Juga: Taliban Lepas Tembakan di Perbatasan Pakistan, 6 Warga Tewas 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya