Bus Jemaah Umrah Kecelakaan di Mekkah, 2 WNI Meninggal 

6 WNI lainnya terluka

Jakarta, IDN Times - Setidaknya dua jemaah umrah asal Indonesia dinyatakan meninggal dunia usai mengalami kecelakaan bus di Mekkah, Arab Saudi.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, mengatakan kecelakaan ini merupakan kecelakaan tunggal yang terjadi pada Selasa (25/10/2022) kemarin.

1. Dua WNI meninggal yaitu pengemudi dan penumpang

Bus Jemaah Umrah Kecelakaan di Mekkah, 2 WNI Meninggal Ilustrasi Ka'bah di Mekkah, Arab Saudi (ANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh)

Judha melanjutkan, dua WNI yang meninggal adalah pengemudi bus dan satu penumpang yang merupakan muthawif.

“Selain itu, ada enam orang yang terluka,” ujar Judha dalam konferensi pers di Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (27/10/2022).

Saat ini, lanjut dia, satu orang yang terluka masih dirawat di RS Abdul Aziz dan lima jemaah lainnya sudah melanjutkan ibadah umrah.

Baca Juga: Bus Pembawa 50 Jemaah Umrah Indonesia Kecelakaan

2. Tim KJRI Jeddah langsung ke lokasi

Bus Jemaah Umrah Kecelakaan di Mekkah, 2 WNI Meninggal Ilustrasi Makkah (ANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh)

Judha mengatakan, begitu mendengar kabar kecelakaan ini, KJRI Jeddah langsung mengirim tim ke lokasi kecelakaan di wilayah Mekkah.

“Pengiriman bantuan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara rinci soal peristiwa kecelakaan dan membantu para korban,” tutur Judha.

3. Rombongan akan ziarah ke Madinah

Bus Jemaah Umrah Kecelakaan di Mekkah, 2 WNI Meninggal Suasana Masjid Nabawi, Madinah di tengah pandemik COVID-19 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Diketahui rombongan ini berangkat melalui Travel Mubina. Mereka mendarat di Jeddah sekitar pukul 19.00 malam waktu setempat dan sekitar 21.00 malam mereka berangkat ke Mekkah.

Rombongan jemaah umrah ini rencananya akan ziarah ke Madinah dan akan kembali ke Indonesia pada 8 November 2022.

Baca Juga: 9 Potret Najwa Shihab Umrah bareng Keluarga, Anggun dan Syahdu

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya