China Lanjutkan Latihan Militer di Zona Taiwan 

Latihan militer tersebut dimulai hari ini

Jakarta, IDN Times - Militer China mengumumkan latihan militer baru pada Senin (8/8/2022) di wilayah laut dan udara Taiwan.

Gelaran latihan baru tersebut diluncurkan sehari setelah latihan besar-besaran militer China untuk memprotes kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi.

Kunjungan Pelosi membuat murka China yang menganggap Taiwan adalah bagian teritorialnya. China bahkan meluncurkan rudal untuk pertama kali di atas wilayah Taipei serta memutus sejumlah dialog dan kerja sama dengan Amerika Serikat.

1. Latihan militer baru di wilayah Taiwan mulai hari ini

Sehari setelah mengumumkan selesainya latihan militer besar-besaran, China kembali mengumumkan adanya latihan militer baru di wilayah Taiwan.

Dikutip dari Channel News Asia, Senin (8/8/2022), durasi dan lokasi dari latihan militer terbaru ini belum diketahui. Namun, Taiwan disebut telah melonggarkan pembatasan penerbangan di dekat enam area latihan militer China sebelumnya.

Baca Juga: ASEAN dan China Kembali Bahas Laut China Selatan 

Baca Juga: Presiden Taiwan Kecam Latihan Besar-besaran Militer China 

2. Latihan bersama difokuskan di operasi anti-kapal selam

China Lanjutkan Latihan Militer di Zona Taiwan Ilustrasi Kapal Perang dalam sebuah latihan militer (twitter.com/USPacificFleet)

Komando militer China menegaskan, latihan militer bersama ini berfokus pada operasi antikapal selam dan serangan laut.

Di luar penembakan 11 rudal balistik jarak pendek selama empat hari latihan sebelumnya, kapal perang China beserta jet tempur dan drone telah bermanuver secara luas di sekitar pulau tersebut.

3. Kemenhan Taiwan telah mengirim pesawat dan kapal untuk menghadang China

Sementara itu, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Taiwan mengatakan kapal militer China telah melakukan simulasi serangan di wilayah Taiwan. Setelah itu, Kemenhan Taiwan langsung mengirim pesawat dan kapal untuk menghadang ancaman China.

Taiwan bahkan menyatakan siap berperang meski tidak akan memulai perang tersebut terlebih dahulu.

Baca Juga: 8 Tindakan China untuk Menghukum AS usai Nancy Pelosi Kunjungi Taiwan

Baca Juga: 68 Jet Tempur dan 13 Kapal Perang China Tembus Zona Taiwan 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya