China Murka Lagi, Kirim 11 Jet Terobos Wilayah Taiwan  

Jet ini untuk menanggapi kedatangan anggota Kongres AS

Jakarta, IDN Times - China kembali murka akibat delegasi Kongres Amerika Serikat (AS) mengunjungi Taiwan, usai kunjungan kontroversial Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, dua pekan lalu.

Kedutaan Besar AS de facto di Taipei mengatakan, delegasi tersebut terdiri dari lima orang dipimpin oleh Senator Ed Markey. Mereka akan bertemu Presiden Taiwan Tsai Ing Wen.

Baca Juga: China Rilis Lembar Putih untuk Taiwan: Siap Rebut Pulau Pakai Militer

1. Ada 11 jet China menembus zona udara Taiwan

Di hari para delegasi Kongres AS ini datang, Minggu (14/8/2022), Kementerian Pertahana Taiwan mengatakan, ada 22 pesawat China terbang di sekitar kawasan mereka.

Sebelas di antaranya adalah jet yang menerobos garis median, pembatas yang memisahkan China dan Taiwan, meski garis itu tak resmi.

Dikutip dari TRT World, Senin (15/8/2022), sekitar enam kapal perang China juga terpantau ada di Selat Taiwan.

2. Upaya AS mendukung Taiwan

China Murka Lagi, Kirim 11 Jet Terobos Wilayah Taiwan  ketua parlemen Nancy Pelosi dan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (twitter.com/iingwen)

Kantor kepresidenan Taiwan mengonfirmasi, delegasi AS akan bertemu Tsai pada Senin pagi. Kunjungan itu disebut akan menguatkan dukungan bagi Taiwan.

"Terutama pada saat China meningkatkan ketegangan di Selat Taiwan dan kawasan dengan latihan militer, Markey memimpin delegasi untuk mengunjungi Taiwan sekali lagi menunjukkan dukungan kuat Kongres AS untuk Taiwan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Luar Negeri Taiwan merilis potret delegasi yang bertemu di bandara Songshan di pusat kota Taipei, setelah tiba dengan jet transportasi angkatan udara AS.

3. Kunjungan di tengah ketegangan China, Taiwan dan AS

China Murka Lagi, Kirim 11 Jet Terobos Wilayah Taiwan  Delegasi Amerika Serikat yang dipimpin Nancy Pelosi saat mengunjungi Taiwan pada 3 Agustus 2022. (Twitter.com/Nancy Pelosi)

Kunjungan anggota Kongres AS itu dilakukan di tengah ketegangan dengan China baru-baru ini, dan digambarkan sebagai bagian dari kunjungan lebih besar ke kawasan Indo Pasifik.

China, selama beberapa waktu terakhir mengadakan latihan militer di sekitar Taiwan sebagai respons atas kunjungan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi. Beijing yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya marah atas kunjungan itu.

Baca Juga: Sebut China Persiapkan Invasi, Taiwan Minta Dukungan Internasional

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya