China: Xi Jinping Tidak Kritik PM Trudeau di Pertemuan G20 Bali

China menganggap itu obrolan biasa

Jakarta, IDN Times - Kementerian Luar Negeri China menegaskan bahwa Presiden China Xi Jinping tidak mengkritik Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Hal ini terkait dengan rekaman video yang menunjukkan Xi terlihat 'mengomeli' Trudeau di sela-sela KTT G20, karena isi pembicaraan bilateral mereka bocor ke media.

Baca Juga: Xi Jinping Omeli Trudeau karena Isi Obrolan Bocor ke Media 

1. Beijing mendukung dialog yang jujur

Dilansir Xinhua, Jumat (18/11/2022), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning mengatakan, Beijing mendukung dialog yang jujur, selama itu diadakan atas dasar kesetaraan.

Mao juga mengatakan bahwa China berharap Kanada akan mengambil langkah untuk meningkatkan hubungan bilateral.

"Video itu memang percakapan singkat yang dilakukan kedua pemimpin selama KTT G20. Percakapan ini sangat wajar. Saya tidak berpikir bahwa itu harus diartikan bahwa Ketua Xi mengkritik atau menyalahkan siapa pun," kata Mao.

2. Xi mengatakan bocornya isi pembicaraan ke media itu tidak pantas

Dalam video tersebut, Xi, dengan dibantu penerjemah memberi tahu Trudeau bahwa semua yang kita diskusikan telah bocor ke surat kabar, itu tidak pantas.

"Jika ada ketulusan, kita dapat berkomunikasi dengan baik dengan saling menghormati, jika tidak, hasilnya tidak akan mudah untuk disampaikan," lanjut Xi.

3. Trudeau mengatakan soal campur tangan China

China: Xi Jinping Tidak Kritik PM Trudeau di Pertemuan G20 BaliPerdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. (twitter.com/Justin Trudeau)

Teguran Xi ini terkait isi pembicaraan keduanya di mana beredar kabar bahwa Trudeau mengemukakan "kekhawatiran serius" tentang dugaan spionase dan "campur tangan" China dalam pemilu di Kanada.

Trudeau mengemukakan kekhawatirannya itu ketika menemui Xi pada Selasa. Pertemuan keduanya merupakan yang pertama dalam lebih dari tiga tahun.

Baca Juga: Potret Jokowi dan Xi Jinping Nobar Uji Coba Kereta Cepat dari Bali

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya