Delegasi Indonesia Disebut Kunjungi Israel dan Lakukan Rapat Rahasia

Selain itu, delegasi Pakistan juga berkunjung ke Israel

Jakarta, IDN Times - Baru-baru ini, beredar kabar bahwa ada delegasi Indonesia yang berkunjung ke Israel dan dipimpin oleh pejabat senior.

Namun, tak diketahui kejelasan terkait siapa dan dari mana pejabat senior ini, serta tujuan delegasi Indonesia ke Israel tersebut.

1. Ada dialog rahasia antara Indonesia dan Israel

Delegasi Indonesia Disebut Kunjungi Israel dan Lakukan Rapat RahasiaPixabay.com/Chickenonline

Dilansir i24News pada Selasa (20/9/2022), sejumlah media Israel menyebut adanya dialog rahasia antara Indonesia dan Israel.

Laporan serupa ini sudah muncul beberapa kali sejak bertahun-tahun yang lalu, bahwa Indonesia kerap mengadakan dialog rahasia dengan Israel, meski tak memiliki hubungan diplomatik.

Di sisi lain, Indonesia merupakan negara yang paling keras memperjuangkan kemerdekaan Palestina yang diduduki oleh Israel.

Baca Juga: Kurikulum Sekolah Palestina Dirombak Israel, Wali dan Siswa Protes! 

2. Hubungan Indonesia dan Israel dinilai mulai normal

Delegasi Indonesia Disebut Kunjungi Israel dan Lakukan Rapat RahasiaSuasana memperlihatkan area terminal keberangkatan di Bandara Internasional Ben Gurion di Lod, dekat Tel Aviv, Israel, pada 8 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Rami Amichay

Selain itu, media Israel juga menyebutkan adanya serangkaian pertemuan pada 2021, yang menunjukkan bahwa Israel dan Indonesia sudah dekat, terutama dalam kerja sama perdagangan dan pariwisata.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, juga sempat mengangkat adanya kemungkinan normalisasi hubungan diplomatik antara Indonesia dan Israel.

3. Delegasi Pakistan juga berkunjung ke Israel

Delegasi Indonesia Disebut Kunjungi Israel dan Lakukan Rapat RahasiaRentetan cahaya terlihat sebagai sistem anti-rudal Iron Dome Israel mencegat roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza ke arah Israel, seperti yang terlihat dari Ashkelon, Israel, Jumat (14/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Amir Cohen.

Selain delegasi Indonesia, delegasi Pakistan juga dikabarkan menyambangi Israel. Menurut seorang sumber, delegasi tersebut termasuk seorang jurnalis asal Pakistan.

Delegasi Pakistan dilaporkan bakal mengunjungi sejumlah wilayah di negara tersebut dan bertemu dengan Presiden Isaac Herzog.

Pakistan termasuk negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Baca Juga: Lagi! Warga Palestina Dibunuh Pasukan Israel di Tepi Barat 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya