Comscore Tracker

Demi Konten, Selebgram Pakistan Nekat Bakar Taman Nasional 

Taman nasional ini termasuk jajaran Pegunungan Himalaya

Jakarta, IDN Times - Seorang selebgram asal Pakistan bernama Humaira Ashgar nekat membakar hutan di Ibu Kota Islamabad. Video ini diunggah ke akun Tiktok-nya.

Perempuan yang akrab disapa Dolly ini memiliki 11,5 juta pengikut di Tiktok. Namun, ia harus berurusan dengan hukum lantaran membakar hutan di Islamabad, tempat jutaan flora dan fauna hidup.

Baca Juga: India-Pakistan Dilanda Gelombang Panas Ekstrem, Suhu Tembus 45 Derajat

1. Aksinya bisa memperparah cuaca ekstrem di Pakistan

Demi Konten, Selebgram Pakistan Nekat Bakar Taman Nasional Ilustrasi kebakaran hutan (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Pakistan sendiri kini sedang dilanda musim kemarau yang sangat panas. Suhu sehari-hari di negara tersebut bisa mencapai 51 derajat Celcius.

Dalam video tersebut, Asghar tampak mengenakan gaun putih dan berjalan melintasi pohon dan rerumputan yang terbakar. Lokasi syuting ini diketahui adalah Bukit Margalla yang berstatus taman nasional.

“Api selalu menyala di manapun aku berada,” begitu caption Asghar dalam unggahannya sebelum akhirnya dihapus.

2. Hutan yang dibakar termasuk jajaran pegunungan Himayala

Demi Konten, Selebgram Pakistan Nekat Bakar Taman Nasional Potret pendakian ke Pegunungan Himalaya (instagram.com/nimsdai)

Dikutip dari Al Jazeera, Jumat (20/5/2022), hutan yang dibakar oleh Asghar dan timnya merupakan jajaran bukit yang termasuk dalam Pegunungan Himalaya.

Di taman nasional itu, terdapat tanaman dan satwa yang hampir punah. Bukit Margalla sendiri menjadi rumah bagi 600 jenis tanaman, 250 burung, 38 mamalia dan 13 jenis reptil.

Asghar sendiri membantah bahwa proses pembuatan videonya ini berbahaya. Dalam pernyataan yang dirilis oleh asistennya, ia mengatakan bahwa api yang terlihat di video itu tidak menyebar secara luas.

3. Ada juga selebgram lain yang membakar hutan

Demi Konten, Selebgram Pakistan Nekat Bakar Taman Nasional (Pegunungan Himalaya terlihat jelas di masa lockdown di India) www.twitter.com/@gauravbhanu89

Ironisnya, tak hanya Ashgar yang melakukan aksi nekat itu. Ada beberapa selebgram lain pula yang ikut membakar hutan demi mendulang views.

Menurut pejabat Kementerian Lingkungan Hidup Pakistan, aksi tersebut dapat merugikan lingkungan dan dapat memperluas efek kebakaran hutan mengingat saat ini Pakistan dilanda suhu teramat panas.

Baca Juga: Demi Bantuan IMF, Pakistan Menghapus Kebijakan Subsidi Bensin

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya