Detail Rencana Pemakaman Ratu Elizabeth II, Dimakamkan Sore Hari

Ratu akan dimakamkan pada 19 September 2022

Jakarta, IDN Times - Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) lalu, waktu setempat. Penguasa Kerajaan Inggris itu meninggal karena sakit di usia 96 tahun, di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Kini, peti jenazah Ratu Elizabeth II telah berada di Westminster Hall. Setiap hari, masyarakat tak pernah absen untuk menyampaikan penghormatan terakhir kepada sang Ratu.

Ratu Elizabeth akan dimakamkan di Kapel St. George, di Kastil Windsor, tempat ayahnya dimakamkan. Jenazah suaminya, Pangeran Philip, kabarnya akan dipindahkan untuk bersebelahan dengan makam Ratu.

Baca Juga: Ini Daftar Pemimpin Dunia yang Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth 

1. Peti jenazah akan diangkut dengan peti meriam

Dilansir BBC, Sabtu (17/9/2022), peti jenazah Ratu Elizabeth akan disemayamkan di Westminster Hall hingga 19 September 2022 pukul 06.30 pagi waktu setempat.

Rencananya, pada 10.35 pagi, peti Ratu akan dibawa ke kereta meriam negara yang menunggu di Pintu Utara Westminster Hall. Ini adalah kereta meriam di bawah Angkatan Laut Kerajaan sejak 1901.

Kereta ini juga pernah digunakan untuk mengangkut peti mati Raja Edward III, George V (ayah Ratu), George VI, Winston Churchill, dan Louis Mountbatten.

Iring-iringan peti Ratu ini akan dipimpin oleh Raja Charles III, diikuti anggota keluarga kerajaan.

2. Akan ada mengheningkan cipta

Setelah itu, pemakaman akan dipimpin oleh Dekan Westminster David Hoyle dan Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, pada 11.00 pagi.

Terompet akan dibunyikan pada pukul 11.55 dan disusul dengan prosesi mengheningkan cipta selama dua menit.

Kabarnya, Bandara Heathrow London akan menghentikan penerbangan keluar masuk selama 15 menit. Ibadah pemakaman ini akan ditutup dengan lagu kebangsaan.

Pemakaman Ratu Elizabeth diperkirakan akan dihadiri 800 orang, termasuk para pemimpin dunia, pejabat serta masyarakat umum. 

3. Pemakaman akan digelar sore hari

Detail Rencana Pemakaman Ratu Elizabeth II, Dimakamkan Sore HariPemakaman Ratu Elizabeth II (twitter.com/RoyalFamily)

Pemakaman sendiri rencananya akan digelar sekitar pukul 16.00 sore waktu setempat. Mobil jenazah diperkirakan akan sampai di Windsor pada 15.06.

Raja Charles III dan anggota keluarga kerajaan akan mengikuti prosesi dengan berjalan kaki dari Quadrangle di Kastil Windsor, dan rombongan dijadwalkan berhenti di Kapel St. George pada pukul 15.53.

Sesudah itu, peti mati akan diturunkan ke Royal Vault diiringi lagu God Save the King dan upacara pemakaman berakhir.

Baca Juga: Kanada Tetapkan Hari Pemakaman Ratu Elizabeth sebagai Libur Nasional

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya