Comscore Tracker

Diduga Curi Perhiasan Majikan, TKI di Malaysia Diburu Polisi

TKI ini baru bekerja tiga bulan

Jakarta, IDN Times - Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kini tengah diburu Kepolisian Diraja Malaysia. Dia diduga telah mencuri perhiasan dari rumah majikannya dan melarikan diri.

Dilansir Bernama, Rabu (14/9/2022), TKI ini disebut telah mencuri perhiasan majikannya senilai 69.000 Ringgit atau setara dengan Rp227 juta pada 8 September lalu.

1. TKI tersebut baru tiga bulan bekerja di Malaysia

Diduga Curi Perhiasan Majikan, TKI di Malaysia Diburu PolisiIlustrasi TKI yang tiba di Bandara Ahmad Yani, Semarang (Dokumentasi Bandara Ahmad Yani)

Petugas kepolisian Seberang Perai Tengah Tan Cheng San mengatakan, TKI yang diidentifikasi bernama Eka Lestari ini baru bekerja selama tiga bulan.

“Eka Lestari berusia 27 tahun, baru bekerja tiga bulan dan dia kabur membawa paspornya,” kata Tan.

Awalnya sang majikan melaporkan hilangnya asisten rumah tangganya kepada polisi pada 8 September 2022 lalu. Dia menyadari pada pagi hari bahwa ART tersebut tidak ada di rumahnya.

Baca Juga: Malaysia Tindak Majikan Penyiksa TKI Asal Sumbar

2. Majikan menyadari perhiasannya hilang dua hari kemudian

Diduga Curi Perhiasan Majikan, TKI di Malaysia Diburu PolisiIlustrasi Malaysia (IDN Times/Santi Dewi)

Dalam laporan majikan yang berprofesi sebagai seorang dokter tersebut, awalnya hanya berisi soal ART asal Indonesia yang menghilang dari rumahnya.

Namun, ia kemudian mengetahui sejumlah perhiasannya hilang dari lemarinya pada 10 September 2022. Kala itu, dia menyadarinya ketika akan menggunakan perhiasan tersebut.

Perhiasan yang hilang terdiri dari 10 kalung, gelang, anting-anting dan liontin emas. Kepolisian Malaysia yakin bahwa TKI tersebut masih berada di Negeri Jiran dan kini sedang memburunya.

3. Ada TKI yang disiksa di Malaysia

Diduga Curi Perhiasan Majikan, TKI di Malaysia Diburu PolisiSejumlah TKI yang ada di Malaysia (ANTARA Foto/Agus Setiawan)

Sementara itu, pada awal September lalu, muncul laporan bahwa adanya TKI yang disiksa oleh majikannya di Batu Caves, Selangor dan berhasil melarikan diri.

TKI bernama Zailis ini berasal dari Sumatra Barat dan dilaporkan tidak mendapat gaji selama tiga tahun terakhir.

Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia, M Saravanan, mengatakan telah menugaskan timnya untuk menyelidiki warga Malaysia yang menyiksa TKI tersebut.

Baca Juga: RI Bantah Klaim Malaysia: Tak Pernah Setuju Gabung Sistem Rekrut TKI

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya