Draupadi Murmu, Presiden Pribumi Pertama di India

Murmu kerap membela hak-hak suku asli India.

Jakarta, IDN Times - Draupadi Murmu resmi menjadi presiden India untuk lima tahun ke depan. Draupadi Murmu adalah presiden pribumi pertama di India yang memenangkan suara di parlemen.

Disebut pribumi karena Draupadi Murmu merupakan perwakilan dari suku asli di India. Dilansir dari Times of India, Sabtu (23/7/2022), Draupadi Murmu juga merupakan anggota Partai Bharatiya Janata (BJP), partai pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi.

Sebelum terjun ke politik, Draupadi Murmu merupakan seorang guru. Perempuan berusia 64 tahun tersebut jebolan dari Rama Devi Women’s College jurusan ilmu seni.

Ia juga pernah menjadi asisten preofesor di Shri Aurobindo Integral Education dan Research Institute dan asisten junior di departemen Irigasi Pemerintah Odisha, India.

Baca Juga: Konglomerat India Geser Bill Gates dari Daftar Orang Terkaya Dunia

1. Pribumi yang memegang jabatan penting di India

Draupadi Murmu, Presiden Pribumi Pertama di IndiaPresiden India, Draupadi Murmu (kanan) bersama Perdana Menteri Narendra Modi. (dok. Twitter @draupadimurmupr)

Draupadi Murmu dielu-elukan suku asli di India karena ia merupakan pribumi di negara tersebut yang berhasil menjabat sebagai presiden. Selain presiden, otomatis Draupadi Murmu juga memegang jabatan komandan tertinggi angkatan bersenjata India.

Draupadi Murmu lahir di sebuah desa yang cukup tertinggal bernama Uparbeda, di distrik Mayurbhanj dan merupakan suku Santhal.

Draupadi Murmu bergabung dengan Partai BJP pada 1997 dan dua kali menjadi legislator di partai tersebut yakni pada 2000 dan 2009.

Baca Juga: India Tetapkan Satu Hari Berkabung Atas Meninggalnya Shinzo Abe 

2. Presiden India punya hak veto

Draupadi Murmu, Presiden Pribumi Pertama di IndiaPresiden India, Draupadi Murmu (kanan) bersama Perdana Menteri Narendra Modi. (dok. Twitter @draupadimurmupr)

Sementara itu, Draupadi Murmu sebagai presiden India mempunyai hak veto saat parlemen mengajukan rancangan undang-undang. Ada tiga jenis hak veto yang dimiliki Draupadi Murmu, yaitu vato mutlak, veto penangguhan dan veto saku yang bisa digunakan untuk meratifikasi dan menolak UU.

Draupadi Murmu juga memiliki kewenangan untuk mendeklarasikan status darurat di India, yang terdiri dari darurat nasional, darurat negara dan darurat finansial.

Baca Juga: India Negara Berpenduduk Terpadat pada 2023, Kalahkan China!

3. Membela hak-hak kaum pribumi di India

Draupadi Murmu, Presiden Pribumi Pertama di IndiaPresiden India, Draupadi Murmu. (dok. Twitter @draupadimurmupr)

Draupadi Murmu adalah salah satu politikus perempuan yang gencar membela hak-hak suku asli di India. Saat Partai BJP meloloskan amandemen terkait tanah, Draupadi Murmu menolaknya dan meminta penjelasan.

Sebab, UU tersebut memberi kemudahan untuk pemindahan tanah untuk industri dan akan mempengaruhi kepemilikan tanah dari masyarakat Adivasi, penduduk asli India.

Draupadi Murmu berasal dari suku Santhal yang merupakan bagian dari masyarakat Adivasi. Selain itu, Murmu juga meminta agar buku-buku di India diterjemahkan ke bahasa Adivasi.

 

Topik:

  • Anata Siregar
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya