Dubes Palestina: Dukungan Indonesia Tak Berubah Meski Israel Datang

Dubes Palestina minta jangan dikaitkan politik dan olahraga

Jakarta, IDN Times - Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, buka suara soal kedatangan Israel ke Tanah Air demi berkompetisi di Piala Dunia U-20 2023. Zuhair yakin hadirnya Israel, tak memengaruhi sikap Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina.

Memang, kehadiran Israel ke Indonesia pada Piala Dunia U-20 sempat memancing reaksi publik. Banyak yang menyangsikan posisi Indonesia dalam mendukung kedaulatan dan kemerdekaan Palestina lepas dari jajahan Israel. Tapi, Zuhair yakin kalau posisi Indonesia tak goyah.

"Kami yakin dan percaya, politik luar negeri Indonesia, di bawah Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, tidak akan berubah. Posisi Indonesia tetap sama, konsisten mendukung kemerdekaan kami," kata Zuhair, dalam jumpa pers di Kedutaan Besar Palestina, di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

1. Menlu Retno suarakan perjuangan Palestina di forum global

Dubes Palestina: Dukungan Indonesia Tak Berubah Meski Israel DatangMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Sidang Dewan HAM PBB, Jenewa. (dok. Kemlu RI)

Zuhair menyatakan, Palestina sangat mengapresiasi posisi dan sikap Indonesia di berbagai forum regional dan multilateral, termasuk ASEAN, OKI dan PBB.

"Ibu Menlu Retno merupakan sosok yang sangat konsisten dan keras dalam menyuarakan kemerdekaan Palestina. Bahkan, beliau berbicara di depan Dewan HAM PBB, ada dualisme dalam topik ini dan jangan sampai dunia melupakan isu Palestina," ucap Zuhair.

"Saya yakin, Palestina ada tempat dan di hati banyak kalangan. Senantiasa ada di hati bangsa Indonesia, di pemerintah Indonesia," lanjutnya.

Baca Juga: Piala Dunia U-20: Palestina Tak Masalah Israel ke Indonesia

2. Minta jangan campur aduk isu politik dan olahraga

Dubes Palestina: Dukungan Indonesia Tak Berubah Meski Israel DatangDuta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, Zuhair juga meminta agar publik bisa dengan cermat memisahkan isu politik dan olahraga, demi menyikapi rencana kedatangan Israel ke Indonesia dalam rangka Piala Dunia U-20. Zuhair menuturkan, kehadiran Israel ke Indonesia sama sekali tak bisa dihindarkan.

"Keikutsertaan masing-masing negara dalam event ini tidak ada kaitannya dengan suka atau tidak soal negara yang ikut. Negara-negara yang ikut adalah bagian dari kompetisi sesuai aturan yang berlaku. Ini keputusan FIFA. Jika mereka datang ke Indonesia, ini beda isu. Negara yang menjadi tuan rumah jelas harus melayani para tamu," ujar dia.

3. Kemlu RI tegaskan tetap konsisten dukung Palestina

Dubes Palestina: Dukungan Indonesia Tak Berubah Meski Israel DatangJuru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah. (IDN Times/Sonya Michaella)

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, beberapa waktu lalu menegaskan kehadiran Israel tidak akan mengubah posisi Indonesia terhadap Palestina. Tapi, ditegaskan Faizasyah, pemerintah tetap mengantisipasi kedatangan Israel demi bisa melayani dan menjadi tuan rumah yang baik.

"Posisi Indonesia soal isu Palestina tidak pernah berubah dan konsisten. Indonesia termasuk sedikit negara yang konsisten dukung rakyat Palestina,” tegas Faizasyah, dalam jumpa pers di Kemlu RI, Jumat (10/3/2023).

Baca Juga: Daftar 24 Kontestan Piala Dunia U-20 2023 Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya